Kompas.com - 21/09/2021, 09:00 WIB
Ilustrasi planet dalam Tata Surya. Urutan planet dari yang terdekat dengan matahari. SHUTTERSTOCK/Vadim SadovskiIlustrasi planet dalam Tata Surya. Urutan planet dari yang terdekat dengan matahari.

KOMPAS.com - Jika Anda pernah mengamati model tata surya, Anda mungkin memperhatikan bahwa matahari, planet, bulan, dan asteroid duduk kira-kira pada bidang yang sama. Tapi kenapa begitu?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus melakukan perjalanan ke awal pembentukan tata surya, sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu.

"Saat itu, 4,5 miliar tahun lalu, tata surya hanyalah awan debu dan gas besar yang berputar," kata Nader Haghighipour, astronom di University of Hawaii di M?noa, dilansir dari Live Science, Minggu (19/9/2021).

Awan besar itu berukuran 12.000 unit astronomi (AU); 1 AU adalah jarak rata-rata antara Bumi dan matahari, atau sekitar 93 juta mil (150 juta kilometer).

Baca juga: Apakah Ada Planet Lain di Luar Tata Surya Kita?

"Awan itu menjadi sangat besar, sehingga meskipun hanya diisi dengan debu dan molekul gas, awan itu sendiri mulai runtuh dan menyusut di bawah massanya sendiri," kata Haghighipour.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat awan debu dan gas yang berputar mulai runtuh, mereka kemudian menyebar.

Sebagai gambaran, bayangkan seorang pembuat pizza melemparkan adonan yang berputar ke udara.

Saat berputar, adonan mengembang tetapi menjadi semakin tipis dan rata. Itulah yang terjadi pada tata surya paling awal.

"Sementara itu, di tengah-tengah awan yang merata ini, semua molekul gas itu terhimpit begitu banyak, mereka memanas," kata Haghighipour.

Di bawah panas dan tekanan yang luar biasa, atom hidrogen dan helium menyatu dan memulai reaksi nuklir selama miliaran tahun dalam bentuk bintang bayi, yakni matahari.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.