Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/09/2021, 10:05 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama ini cheetah (Acinonyx jubatus) dianggap sebagai hewan tercepat di dunia. Namun ternyata terdapat beberapa hewan lain yang bisa menyamai bahkan mengalahkan kecepatan lari cheetah, apa itu?

Hewan tercepat di dunia

1. Peregrine falcon atau alap-alap kawah (Falco peregrinus)

Alap-alap kawah atau Peregrine Falcon dalam bahasa Inggris (Falco peregrinus) adalah hewan tercepat di dunia burung.SHUTTERSTOCK/Harry Collins Photography Alap-alap kawah atau Peregrine Falcon dalam bahasa Inggris (Falco peregrinus) adalah hewan tercepat di dunia burung.

Dalam spesies burung, Alap-alap kawah atau Peregrine Falcon dalam bahasa Inggris (Falco peregrinus) tercatat memiliki kecepatan terbang hingga 200 mph (322 kilometer/ jam) menurut Guinness World Records, dilansir dari Live Science, Selasa (7/9/2021).

Alap-alap kawah adalah salah satu spesies alap-alap berukuran besar, dengan panjang sekitar 50 sentimeter. Burung ini memiliki bulu berwarna hitam, kelabu dan biru, berparuh kuning besar dengan ujung hitam lancip dan berekor pendek.

Terdapat fakta lain yang mengatakan bahwa mungkin elang peregrine bisa terbang hingga kecepatan 350 mph (563 kilometer/jam), meskipun para ilmuwan belum secara resmi mendokumentasikan kecepatan terbangnya yang secepat itu.

"Cukup banyak burung terbang yang bisa terbang lebih cepat daripada cheetah," kata John Hutchinson, Profesor Biomekanik Evolusioner di Royal Veterinary College di London.

Baca juga: 6 Hewan yang Tidurnya Paling Singkat, Domba hingga Jerapah

2. Burung kapinis (Apus apus) dan kapinis-jarum Asia (Hirundapus caudacutus)

Ilustrasi burung kapinis (Apus apus)SHUTTERSTOCK/Alexey Tolmachov Ilustrasi burung kapinis (Apus apus)

Selain elang peregrine, burung kapinis (Apus apus) dan kapinis-jarum Asia (Hirundapus caudacutus) juga telah diukur memiliki kecepatan terbang masing-masing hingga 69 mph (111 kilometer/ jam) dan 105 mph (169 kilometer/ jam), menurut National Audubon Society.

3. Di dunia hewan air

Tidak hanya burung, beberapa hewan laut juga masuk ke dalam daftar hewan tercepat di dunia.

Menurut Britanicca, ikan marlin hitam (Istiompac indica) memiliki kecepatan berenang sebesar 80 mph (129 kilometer/ jam).

Terdapat pula ikan todak (Xiphias gladius) yang memiliki kecepatan 60 mph (97 kilometer/ jam) dan ikan layaran (Istiophorus) dengan kecepatan 68 mph hingga (109 kilometer/ jam) menurut data dari ReefQuest Center fot Shark Research.

Alasan tidak masuk daftar hewan tercepat

Lantas, mengapa hewan-hewan tersebut tidak masuk ke dalam daftar hewan tercepat di dunia seperti cheetah?

Hutchinson mengatakan bahwa sebagian besar kecepatan hewan-hewan tersebut belum dipelajari secara menyeluruh.

Kecepatan beberapa burung dan ikan tersebut diperoleh hanya berdasarkan pada pengamatan dan perkiraan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com