Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saturasi Oksigen Menurun Saat Rumah Sakit Penuh, Lakukan Proning dan Breathing Excercise

Kompas.com - 09/07/2021, 18:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Posisi proning dan breathing excercise adalah dua tindakan yang disarankan bagi pasien Covid-19 saat mengalami penurunan saturasi oksigen, tetapi kesulitan mencari atau mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Pasar Kemis, dr Kiki Maharani SpPD kepada Kompas.com, Jumat (9/7/2021).

Kiki menyampaikan, saturasi oksigen menjadi masalah yang penting untuk terus dipantau dan dijaga bagi setiap individu ataupun pasien Covid-19 baik yang melakukan isolasi mandiri di rumah maupun di rumah sakit.

Baca juga: Berapa Nilai Saturasi Oksigen yang Normal?

Saturasi oksigen adalah kadar oksigen dalam darah. Nilai normal saturasi oksigen menunjukkan berapa baik fungsi paru, jantung, dan sistem peredaran darah Anda. 

Kadar oksigen normal adalah berkisar 95 sampai 100 persen. Ini artinya, hampir semua sel darah merah mengangkut oksigen dan tidak ada hambatan dalam sistem peredaran darah. 

Sementara, jika saturasi oksigen pasien sudah di bawah 95 persen, maka keluarga dan juga pasien tersebut harus mulai waspada dan membutuhkan alat bantu tambahan oksigen.

"Kalau aman (saturasi oksigen) di atas 95 persen. Kalau aware (waspada) <95 persen (di bawah 95) dan harus pake O2 (oksigen tambahan seperti tabung oksigen)," kata Kiki. 

Sedangkan, untuk pasien yang mendapati hasil saturasi oksigennya di bawah dari 90 persen, berarti sudah masuk dalam kategori berbahaya, dan harus segera mendapatkan perawatan di rumah sakit.

"Kalau saturasi (oksigen) <90 (di bawah 90 persen) wajib ke RS (rumah sakit)," jelasnya.

Namun, dengan kondisi lonjakan kasus pandemi Covid-19 di Indonesia seperti saat ini, banyak pula pasien dengan saturasi oksigen fase berbahaya masih harus bertahan di rumah, karena belum dapat atau harus mengantre di RS cukup lama.

Dengan begitu dalam masa menunggu mendapatkan perawatan dari rumah sakit, Kiki menyarankan agar pasien dapat melakukan prone position dan mengecek saturasi per 4 jam lalu menghubungi puskesmas terdekat.

Baca juga: Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri di Rumah, Segera ke RS Jika Muncul Gejala Ini

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com