Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aurora Bercahaya di Planet Mars Tertangkap Wahana Antariksa Hope

Kompas.com - 06/07/2021, 19:31 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Space,Nature

KOMPAS.com - Misi Hope, wahana antariksa Uni Emirat Arab menangkap aurora bercahaya di planet Mars. Gambar penampakan aurora planet Mars yang direkam pesawat ruang angkasa Hope ini disebut yang paling detail.

Dilansir dari Nature, Selasa (6/7/2021), pesawat ruang angkasa Hope milik Uni Emirat Arab telah mengambil gambar paling detail dari aurora diskrit planet Mars.

Emisi ultraviolet ini terlihat oleh perangkat spektrometer onboard pada pesawat ruang angkasa tersebut.

Aurora ini muncul saat angin matahari menabrak medan magnet yang berasal dari kerak Planet Merah. Partikel bermuatan kemudian bertabrakan dengan oksigen di atmosfer atas, kemudian menyebabkannya bersinar.

Hessa Al Matroushi, pemimpin sains EMM di Pusat Antariksa Mohammed Bin Rashid di Dubai mengatakan bahwa misi Hope di planet Mars, yakni fokus mempelajari atmosfer planet ini, sehingga penampakan aurora Mars yang tertangkap Hope ini adalah bonus dari misi tersebut.

Baca juga: Wahana Hope Milik Uni Emirat Arab Mengorbit Planet Mars Bulan Depan

 

“Melihatnya (aurora bercahaya di planet Mars) hanyalah sebuah anugerah,” kata Al Matroushi.

Kendati demikian, temuan penampakan aurora planet Mars oleh wahana antariksa Hope ini berada di luar bidang sains utama. Bahkan, sebelumnya penampakan aurora Mars juga telah tertangkap oleh pesawat ruang angkasa lainnya.

"Mereka (aurora planet Mars) tidak mudah ditangkap, dan itulah sebabnya melihat mereka secara langsung dengan EMM agak menarik dan tidak terduga," Justin Deighan, ilmuwan planet di Laboratorium Fisika Atmosfer dan Antariksa di University of Colorado dilansir dari Space.

Para ilmuwan mengatakan bahwa aurora di Bumi terikat pada medan magnet planet tersebut dan dipicu oleh partikel bermuatan yang berasal dari Matahari.

Namun, situasinya sedikit berbeda di Planet Merah, di mana sebelum wahana antariksa Hope milik Uni Emirat Arab menangkap aurora bercahaya ini, para ilmuwan sejauh ini telah mengamati tiga jenis aurora Mars.

Baca juga: Helikopter NASA Selamat dari Anomali Cuaca Planet Mars

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com