Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Sering Mengigau Saat Tidur di Malam Hari, Apa Penyebabnya?

Kompas.com - 04/07/2021, 18:47 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Mengigau atau bicara saat tertidur adalah hal yang cukup sering terjadi pada anak.

Yang dilakukan anak saat mengigau terkadang tidak hanya bicara, namun bisa juga bergumam, berteriak, menyanyi, atau tertawa dalam kondisi tidur.

Lucunya, anak pada umumnya tidak sadar atau tidak bisa mengingat apa yang mereka katakan saat mengigau, walau saat hal itu terjadi anak berbicara dengan sangat jelasnya.

Menurut Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah, Puri Indah dr. Cynthia Rindang Kusumaningtyas, Sp.A, kabar baiknya adalah mengigau pada umumnya tidak berhubungan dengan kondisi medis tertentu, ataupun menyebabkan dampak buruk bagi anak, meski mungkin dapat mengganggu orang lain yang tidur sekamar dengan anak.

Baca juga: Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Kebiasaan Mengigau Saat Tidur

“Anak seringkali mengigau kala tertidur, jika mereka sedang sangat gembira atau justru ketika anak merasa khawatir atas suatu hal seperti dalam masa ujian,” kata dr. Cynthia kepada Kompas.com.

Hal ini tentunya dapat diatasi dengan cara mengajak anak berbicara dalam situasi yang tenang dan suportif, tentang apa yang saat ini sedang dirasakannya.

“Jangan terlalu mendesak anak dan membesar-besarkan kondisi mengigau yang dialaminya, karena beberapa anak justru akan merasa semakin khawatir dan menjadi sulit untuk tidur,” imbuhnya.

dr. Cynthia Rindang Kusumaningtyas, Sp.A, Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indahdok. RSPI dr. Cynthia Rindang Kusumaningtyas, Sp.A, Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah

Dr. Cynthia menyebutkan, kondisi lain yang bisa menyebabkan anak mengigau adalah saat anak mengalami demam tinggi, yang tentunya akan menghilang setelah suhu badan anak berhasil diturunkan.

“Selain itu, anak-anak yang sering mengigau biasanya juga mempunyai riwayat keluarga dengan kebiasaan serupa,” pungkas dr. Cynthia.

Meski demikian, jika Anda merasa anak Anda memiiki masalah tidur, konsultasikan pada dokter anak Anda.

Mengigau saat tidur jarang membutuhkan perawatan. Namun, kebiasaan mengigau yang parah mungkin merupakan akibat dari gangguan tidur atau kondisi medis lain yang lebih serius, yang dapat diobati oleh dokter.

Baca juga: Penyebab Mengigau Saat Tidur di Usia Dewasa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com