Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Kebiasaan Mengigau Saat Tidur

Kompas.com - 08/02/2021, 11:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis


KOMPAS.com - Pernahkah Anda terbangun tengah malam karena pasangan atau anak Anda tiba-tiba menggumamkan sesuatu saat mereka tidur? Atau mungkin Anda sendiri yang seperti itu?

Dan ketika bangun di pagi hari, tak akan ingat apa yang terjadi semalam.

Berbicara dalam tidur atau mengigau, adalah jenis parasomnia yang umum, atau perilaku abnormal selama tidur.

Diperkirakan dua dari tiga orang berbicara dalam tidur pada suatu saat dalam hidup mereka - dan ini sangat umum terjadi pada anak-anak.

Baca juga: Penyebab Mengigau Saat Tidur di Usia Dewasa

Spesialis tidur Michelle Drerup, PsyD dari Cleveland Clinic mengatakan, mengigau bisa sedikit menjengkelkan atau memalukan, tergantung di sisi mana Anda berada.

“Biasanya, itu tidak berbahaya, tetapi terkadang itu bisa menjadi tanda gangguan tidur atau kondisi kesehatan yang lebih serius,” katanya.

Mengapa orang berbicara dalam tidurnya?

Sayangnya, tidak ada jawaban yang jelas soal ini. Anda mungkin berpikir, ketika seseorang yang sedang tidur mengigau, mereka memerankan sesuatu yang terjadi dalam mimpi yang mereka alami.

“Ada beberapa bukti bahwa, terkadang, berbicara dalam tidur mungkin terkait dengan mimpi, tetapi tidak selalu demikian,” jelas Dr. Drerup.

Sebagian besar mimpi terjadi saat Anda berada dalam fase tidur yang dalam atau rapid eye movement (REM). Tetapi berbicara saat tidur atau mengigau dapat terjadi dalam tahap tidur apa pun, termasuk tidur REM dan non-REM.

Mengigau kemungkinan juga dikaitkan dengan parasomnia lain, seperti berjalan dalam tidur.

“Karena sebagian besar parasomnia dianggap sebagai kondisi campuran antara terjaga dan tidur, berbicara saat tidur atau megigau tampaknya lebih mungkin terjadi ketika pola tidur terganggu,” kata Dr. Drerup.

Artinya, faktor apa pun yang diketahui mengganggu tidur - seperti stres - bisa menjadi faktor penyebab seseorang mengigau.

Baca juga: Apa Itu Coronasomnia, Sulit Tidur Selama Pandemi?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com