Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Topan Surigae Masih Sangat Kuat, Ini Daftar Wilayah Indonesia yang Terdampak

Kompas.com - 20/04/2021, 14:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Typhoon Surigae atau topan Surigae, masih sangat kuat dan bisa berdampak pada kondisi cuaca di Indonesia. Masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan akan potensi bencana hidrometeorologi dari Siklon Tropis Surigae ini.

Berdasarkan hasil analisis monitoring Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada pukul 07.00 WIB, Selasa (20/4/2021), Typhoon Surigae masih menunjukkan eksistensinya di wilayah perairan timur Filipina.

Posisi tepat badai topan Surigae saat ini berada di 15.5 LU dan 126.1 BT.

"Intensitas Typhoon Surigae masih berada pada kategori sangat kuat dengan kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya mencapai 95 Knot atau 176 kilometer per jam," jelas Guswanto, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Selasa (20/4/2021).

Baca juga: Siklon Tropis Surigae Menjauhi Indonesia, Tetap Waspada Cuaca Ekstrem

 

Guswanto juga menyebutkan, tekanan di pusat topan Surigae ini sendiri mencapai 935 hPa dengan pergerakan sistem ke arah timur laut.

Hingga tanggal 24 April 2021, Siklon Tropis Surigae diprediksikan masih bertahan di wilayah perairan Samudera Pasifik Barat sebelah timur Filipina dengan intensitas yang semakin melemah.

Serta, siklon tropis ini masih berdampak signifikan terhadap cuaca dan gelombang tinggi di wilayah Filipina.

"Typhoon Surigae posisinya sudah sangat jauh dari wilayah Indonesia, akan tetapi dampak tidak langsung terhadap kondisi cuaca dan gelombang di wilayah Indonesia masih dapat terjadi dalam 24 jam ke depan," kata dia.

Berikut daftar wilayah di Indonesia yang bisa terdampak langsung dan tidak langsung yang bisa terjadi akibat topan Surigae ini.

Baca juga: BMKG: Awas Siklon Tropis Surigae Bisa Berkembang Jadi Badai Topan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com