Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: Dipicu Aktivitas Sesar, Lindu M 5,2 Guncang Halmahera Selatan

Kompas.com - 26/02/2021, 19:25 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Gempa bumi tektonik bermagnitudo M 5,2 dipicu aktivitas sesar mengguncang wilayah Halmahera Selatan pada pukul 18.02 WIB, Jumat (26/2/2021).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo  Mw=5,0.

Pusat gempa bumi ini terletak pada koordinat 0,55 LS dan 127,56 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 12 km arah Utara Kota Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara pada kedalaman 10 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, dari hasil pemodelan BMKG gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Bambang menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5, 1 Guncang Pandeglang Terasa hingga Malingping

 

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar turun (normal fault)," kata dia.

Kendati tidak berpotensi tsunami, tetapi getaran guncangan gempa akibat aktivitas sesar di Halmahera Selatan ini cukup berdampak di daerah Labuha, karena guncangan dirasakan dengan skala intensitas IV MMI.

Di mana guncangan dengan skala tersebut, bila pada siang hari umumnya dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," ujarnya.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 3,6 Guncang Kebumen dan Banyumas, Dipicu Sesar Aktif

 

Sementara itu, berdasarkan hasil monitoring BMKG hingga pukul 18.20 WIB, Jumat (26/2/2021), belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock.

Namun, masyarakat tetap diminta agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Masyarakat di daerah terdampak guncangan juga perlu memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah.

"Kepada masyarakat (Halmahera Selatan dan sekitarnya) diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu (gempa dipicu aktivitas sesar) yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ucap dia.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5,2 Guncang Majene dan Maluku Terasa hingga Polewali

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com