Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksin Covid-19 Gratis, Pemerintah Pastikan Vaksinasi Sesuai Tahapan

Kompas.com - 18/12/2020, 08:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Kurang lebih sudah 10 bulan Indonesia berjuang melawan pandemi Covid-19.

Selama periode tersebut, pemerintah dan masyarakat bergotong royong dalam upaya menangani Covid-19 termasuk dalam menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan memakai masker.

Selain 3M, perisai kita dalam melawan Covid-19 sebentar lagi akan diperkuat adalah dengan vaksin Covid-19.

"Penting diketahui, pengembangan vaksin Covid-19 dalam waktu yang sangat singkat merupakan tantangan besar," kata Prof. Wiku Adisasmito selaku juru bicara pemerintah dalam penanganan Covid-19 dalam konferensi pers yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (17/12/2020).

Baca juga: BPOM Masih Observasi Vaksin Covid-19 Sinovac, Begini Hasilnya...

Dia menyampaikan, setelah vaksin berhasil dikembangkan ada tantangan lain yang akan kita hadapi. Tak lain memastikan seluruh masyarakat Indonesia mendapat akses vaksin tersebut.

"Presiden (Joko Widodo) pada hari Rabu tanggal 16 Desember 2020 telah mengumumkan bahwa pemerintah berkomitmen menyediakan vaksin Covid-19 secara gratis kepada seluruh masyarakat Indonesia," ujar Wiku menekankan.

Dia menuturkan, keputusan Jokowi tersebut merupakan langkah penting untuk memberi perlindungan kepada warga negara demi tercapainya kekebalan kolektif di Indonesia.

Dikatakan Wiku, kebijakan ini menuntut gotong royong semua instasi, baik pemerintah pusat dan daerah untuk menindaklanjuti program vaksinasi agar menjadi program prioritas sehingga dapat berjalan dengan baik.

"Hal terpenting, program vaksinasi termasuk juga komunikasi publik dapat berjalan dengan terstruktur dan sesuai dengan tahapannya," ungkap dia.

"Hindari membuat asumsi atau pernyataan yang bersifat kontraproduktif dengan tujuan program vaksinasi."

Wiku menuturkan, karena Indonesia merupakan negara keempat dengan jumlah populasi terbesar di dunia, maka dengan program vaksinasi gratis akan berkontribusi menciptakan kekebalan komunitas secara global.

Program vaksinasi

Kendati sudah disampaikan bahwa vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat Indonesia gratis, tapi Wiku menekankan bahwa pemerintah tidak akan terburu-buru dalam melaksanakannya.

Dalam artian, program vaksinasi akan dilakukan bertanggung jawab dan tetap mengikuti tahapan pengembangan vaksin.

"Sehingga nantinya vaksin yang digunakan betul-betul aman dan berkhasiat bagi masyarakat," ujar Wiku.

"Jika nanti program vaksinasi akan dijalankan pada tahun 2021, pemerintah memastikan vaksin yang digunakan adalah vaksin yang terbaik bagi masyarakat Indonesia," imbuhnya.

Baca juga: BPOM Pastikan Vaksin Covid-19 Aman dan Efektif Sebelum Diedarkan

Di bulan ini, angka kasus Covid-19 terus meningkat sementara angka kesembuhan mengalami perlambatan.

Wiku mengingatkan kepada semua lapisan masyarakat untuk tidak membiarkan kasus aktif terus bertambah.

Salah satunya adalah dengan menerapkan protokol kesehatan. Bagaimanapun, ini adalah kunci untuk menekan laju penularan virus corona SARS-CoV-2 yang bisa kita lakukan bersama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com