Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/12/2020, 12:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis


KOMPAS.com - Ambeien atau wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum bawah, mirip seperti varises.

Ambeien bisa berkembang di dalam rektum (wasir internal) atau di bawah kulit di sekitar anus (wasir eksternal).

Biasanya disebabkan oleh peningkatan tekanan akibat kehamilan, kelebihan berat badan, atau mengejan saat buang air besar.

Baca juga: BAB Berdarah Tanda Ambeien atau Kanker Usus Besar, Kenali Bedanya

Ambeien jarang berbahaya, tapi bisa menjadi gangguan yang berulang dan menyakitkan. Karena itu, akan lebih baik jika kita bisa mencegah ambeien kambuh kembali.

Dr. Massarat Zutshi, MD, spesailis bedah kolorektal di Cleveland Clinic mengungkap beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah ambeien kambuh:

1. Jangan pernah menunda buang air besar

Ketika Anda menunda buang air besar, feses Anda bisa menjadi keras dan mengering di dalamusus, sehingga membuatnya lebih sulit untuk dikeluarkan.

Jika itu terjadi, kebanyakan orang akan berusaha mengejan untuk buang air besar, sehingga meningkatkan risiko munculnya ambeien.

Begitu pun sebaliknya, jangan memaksakan diri buang air besar saat tidak ingin. Memaksa mengeluarkan feses dengan mengejan akan meningkatkan tekanan pada bantalan vena, yang menyebabkan ambeien. Ini juga dapat mengubah ambeien internal menjadi eksternal.

2. Perhatikan asupan makanan

Untuk mencegah ambeien, feses harus dalam kondisi lembut dan mudah dikeluarkan. Anda dapat mencapai konsistensi yang tepat dengan mengonsumsi menu makanan kaya serat dan minum banyak air untuk menghindari dehidrasi.

Kekurangan serat adalah penyebab ambeien paling umum. Misalnya, jika Anda mengalami sembelit, cobalah mengonsumsi lebih banyak serat dari sayuran hijau, buah-buahan, dan 100% biji-bijian.

Jika perlu, tanyakan kepada dokter Anda apakah perlu mengonsumsi suplemen serat. Tapi, usahakan untuk memenuhinya dari makanan.

Serat dapat membantu Anda menghindari sembelit, dan sembelit - yang menyebabkan mengejan - merupakan faktor risiko ambeien.

Namun dr. Zutshi mengingatkan, beberapa orang mungkin mengalami ‘sembelit transit lambat’, di mana asupan serat berlebih akan diam di dalam usus dan memperburuk sembelit.

“Dengarkan sinyal tubuh dan hindari makanan yang mengiritasi usus Anda. Ada orang yang baik-baik saja mengonsumsi laktosa, ada yang tidak,” kata dr. Zutshi.

Baca juga: 4 Cara Mengobati Wasir Secara Alami

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com