Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2020, 16:05 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar masyarakat di sejumlah wilayah mewaspadai potensi cuaca ekstrem dalam sepekan mendatang.

Hal ini disampaikan, berdasarkan hasil analisis terkini BMKG yang menunjukkan, bahwa terdapat potensi peningkatan pertumbuhan awan-awan hujan yang bisa terjadi mulai dari hari ini tanggal 6-11 Desember 2020 nanti.

Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto MSi dalam keterangan resminya mengatakan bahwa peningkatan potensi pertumbuhan awan ini dapat disebabkan oleh kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil.

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG, Apakah Pertanda Bencana Hidrometeorologi?

Selain itu, aktifnya fenomena Madden Julian Oscilation (MJO), gelombang Rosby Ekuatorial, dan gelombang Kelvin di wilayah Indonesia juga berpengaruh terhadap peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan ini.

"Adanya pusaran angin (sirkulasi siklonik) yang terpantau di beberapa tempat yang dapat mendorong terbentuknya daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi," kata Guswanto.

Berdasarkan kondisi tersebut, Guswanto berkata, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan cuaca ekstrem berupa curah hujan dengan intensitas lebat, yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah sebagai berikut.

- Aceh

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

- Bengkulu

- Kepulauan Bangka Belitung

- Sumatera Selatan

- Lampung

- Banten

- DKI Jakarta

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com