Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] 2 Lagi Klaim Aliansi Dokter Dunia soal Covid-19, Cek Faktanya

Kompas.com - 27/10/2020, 13:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com- Sebelumnya, sekelompok orang yang mengatasnamakan Aliansi Dokter Dunia menyebarkan hoaks atau informasi yang salah tentang Covid-19.

Dalam sebuah video berdurasi 30 menit, beberapa orang menamakan dirinya World Doctor Alliance membuat klaim tentang pandemi Covid-19, sifat virus, serta tes diagnostik untuk penyakit yang tidak akurat.

Berikut 2 klaim lain soal Covid-19 yang dibeberkan oleh kelompok aliansi ini yang disampaikan salah satunya, Elke De Klerk, yang juga pendiri kelompok lain bernama Doctors for Truth, seperti dikutip dari Health Feedback, Selasa (27/10/2020).

1. Tidak ada pandemi Covid-19

Definisi pandemi adalah penyebaran epidemi di seluruh dunia, yang terjadi di dalam komunitas atau wilayah kasus penyakit, atau peristiwa terkait kesehatan yang melebihi perkiraan normal.

Baca juga: [Hoaks] Klaim Aliansi Dokter Dunia soal Covid-19, Begini Faktanya

 

Berlawanan dengan asumsi umum, bahwa klasifikasi penyakit sebagai pandemi tidak terkait dengan tingkat keparahan penyakit. Sebaliknya, istilah pandemi digunakan untuk penyebaran penyakit di seluruh dunia secara simultan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan pandemi juga mencakup aspek kebaruan penyakit dengan mempertimbangkan pandemi sebagai "penyebaran penyakit baru di seluruh dunia".

Tangkapan layar klaim palsu Aliansi Dokter Dunia yang dibagikan di sosial media.Tangkapan layar Instagram/frankysadikin Tangkapan layar klaim palsu Aliansi Dokter Dunia yang dibagikan di sosial media.

Baca juga: Bagaimana Peran Ilmuwan Indonesia Menangkal Hoaks tentang Covid-19, Ahli Jelaskan

Fakta pandemi Covid-19

Pada 11 Maret 2020, Direktur Jenderal WHO secara resmi telah menyatakan Covid-19 adalah pandemi berdasarkan pengamatan bahwa penyakit itu disebabkan oleh virus baru dan telah menyebabkan 118.000 kasus di 114 negara saat itu.

Bahkan, hingga saat ini, berdasarkan data WHO, ada lebih dari 42,9 juta kasus positif Covid-19 dan lebih dari 1,1 juta kematian akibat Covid-19 di seluruh dunia.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com