Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deteksi Kanker Payudara sejak Usia 40 Tahun Bantu Selamatkan Nyawa

Kompas.com - 14/08/2020, 07:03 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

KOMPAS.com - Pemeriksaan payudara untuk mendeteksi kanker sejak usia 40 sampai 50-an tahun bisa menyelamatkan nyawa, tulis sebuah penelitian di Inggris.

Penelitian ini melibatkan 160.000 perempuan dari Inggris, Skotlandia, dan Wales yang dilakoni secara berkesinambungan selama sekitar 23 tahun.

Pemeriksaan yang dilakukan sejak dini dapat menyelamatkan satu nyawa per 1.000 perempuan yang diperiksa, kata para peneliti.

Namun, para ahli memperingatkan ada banyak pertimbangan lainnya, termasuk biaya yang dikeluarkan.

Baca juga: Masih Pandemi Corona, Pasien Kanker Payudara Bisa Akses Terapi Pakai Digital

Cancer Research UK mengatakan, masih belum jelas, apakah menurunkan usia pemeriksaan payudara akan memberikan manfaat tambahan dibandingkan program pemeriksaan yang sudah ada di Inggris.

Lembaga amal tersebut mengatakan, seharusnya yang diprioritaskan adalah mengembalikan layanan kanker "ke jalurnya" untuk perempuan usia 50-70, setelah gangguan yang terjadi karena pandemi virus corona.

Selama karantina wilayah, program pemindaian sebagai langkah deteksi dini kanker usus, payudara, dan serviks dihentikan di Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara, meskipun tidak secara resmi dihentikan di Inggris.

Para ahli telah memperingatkan adanya penumpukan pasien yang harus diperiksa, dirawat, dan diuji.

Kekhawatiran diagnosis berlebihan

Saat ini di Inggris, perempuan usia 50-70 ditawarkan untuk menjalani pemeriksaan payudara setiap tiga tahun.

Perempuan di bawah 50 tahun tidak ditawarkan untuk melakukan pemeriksaan rutin, karena umumnya risiko kanker payudara mereka sangat rendah, dan jaringan payudara mereka lebih padat, sehingga hasil tes mamografi yang digunakan untuk mengenali sel kanker sulit dibaca.

Hal ini akan membawa pada diagnosis berlebihan - mendeteksi perubahan sel yang terlalu dini, yang mungkin tidak berubah menjadi kanker yang bermasalah - dan berpotensi membuat perempuan diberikan pengobatan yang tidak perlu.

pita merah mudah sebagai simbol kanker payudaraPixabay/marijana1 pita merah mudah sebagai simbol kanker payudara

Namun, tertulis di Lancet Oncology, para ilmuwan menemukan penurunan kematian akibat kanker payudara dengan memeriksa perempuan berusia 40-an setiap tahun, dalam 10 tahun pertama penelitian terhadap mereka.

Dari 53.883 perempuan berusia 40 tahun yang telah menjalani pemindaian, terdapat 83 orang yang meninggal. Hal ini dibandingkan dengan 219 kematian dari 106.953 perempuan dengan usia yang sama tapi tidak mendapatkan pemindaian.

Penurunan kematian berasal dari deteksi dini kanker stadium 1 dan 2, yang dapat berkembang secara cepat pada perempuan muda.

Setelah 10 tahun, bukti nyawa yang telah diselamatkan ini menghilang, kata para peneliti.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com