Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penuhi Kebutuhan Material Tol Padang-Sicincin, HK Gandeng Korem 032/Wirabraja

Kompas.com - 01/05/2024, 10:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) juga berkolaborasi dengan Koperasi Korem 032/Wirabraja dalam menyediakan bahan material yang dibutuhkan pada pengerjaan proyek Jalan Tol Padang-Sicincin.

Komandan Korem 032/Wirabraja Brigjen TNI Rayen Obersyl menyampaikan, walaupun saat ini hanya bisa menyediakan sebagian kecil, tapi imbasnya besar.

“Koperasi modalnya dari seluruh anggota. Sehingga, apabila ikut andil, yang akan mendapatkan keuntungan adalah koperasi hidup, tumbuh, anggota bisa lebih sejahtera,” kata Brigjen TNI Rayen Obersyl dalam rilis, Selasa (30/4/2024).

Hutama Karya melalui Hutama Karya Infrastruktur atau HKI menargetkan, Jalan Tol Padang Sicincin akan beroperasi fungsional pada Juli mendatang.

Hingga kini, pembangunan proyek sepanjang 36,6 kilometer tersebut tekah mencapai 58,76 persen.

Baca juga: Ada Kemajuan, Ini Kondisi Terbaru Proyek Jalan Tol Padang-Sicincin

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Hutama Karya Adjib Al Hakim mengatakan, jika sebelumnya menghadapi sejumlah tantangan, saat ini proyek mengalami kemajuan yang
signifikan.

"Karena, hadirnya tol ini akan memberikan manfaat besar untuk perkembangan wilayah Sumatera Barat,” ungkap Adjib.

 

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah mengungkapkan, keberadaan tol ini memberikan banyak harapan baru untuk masyarakat, khususnya dalam menggerakkan perekonomian.

“Keberadaan jalan tol akan memudahkan, mempercepat, mendekatkan jarak dan melancarkan akses. Oleh sebab itu, masyarakat Sumatra Barat berharap agar pelaksanaan pekerjaan jalan tol ini bisa lebih cepat penyelesaiannya,” ujar Mahyeldi.

Dari sisi pemberdayaan masyarakat, Hutama Karya memberikan kesempatan bagi warga setempat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan proyek ini dengan membuka lapangan pekerjaan yang melibatkan wali nagari beserta anak-anak nagari.

Wali Nagari Pasie Laweh Lubuk Alung Peri Adinur mengungkapkan, kehadiran proyek ini bisa merangkul seluruh elemen, mulai dari masyarakat dan pemuda sekitar yang mau bekerja dengan keahlian masing-masing.

“Kami sangat mengapresiasi karena hal ini sangat membantu dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakat setempat,” tutup Peri Adinur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com