Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Ambruknya Girder Proyek Flyover Bantain Masih Dievaluasi

Kompas.com - 09/03/2024, 09:12 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Girder proyek flyover Bantaian di Muara Enim, Sumatera Selatan,  ambruk pada Kamis (8/3/2024) siang.

Terkait hal ini, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Selatan Hardy Pangihutan Siahaan mengatakan, penyebab musibah tersebut masih dievaluasi.

"Kami sedang bersama komite keselamatan konstruksi, menunggu evaluasi dari komite," ujar Hardy saat dihubungi Kompas.com, Jumat (8/3/2024).

Sementara dikutip dari Tribunnews, salah satu penyebab ambruknya flyover Bantaian seberat 230 ton diduga akibat miskomunikasi atau human error.

Hal tersebut diungkapkan oleh PPK PPPJN Sumatera Selatan Flyover Bantaian Surya Perdana di lokasi kejadian Desa Penanggiran/Desa Panang Jaya, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim, Kamis (7/3/2024).

Surya mengatakan, kejadian bermula saat mereka melakukan erection girder, di mana balok girder diangkat dan diluncurkan ke bentang yang ada di rel kereta.

Baca juga: Waskita Beton Dipercaya HK Suplai PC-I Girder PLTU Jawa 9 dan 10

Namun, saat balok girder diluncurkan dan diangkat, terjadi miskomunikasi antara abutment satu dan dua sehingga terjadi kemiringan dan membuat girder jatuh.

"Ada yang terlalu cepat mengangkat jadi menimbulkan ketidakseimbangan sehingga berpengaruh ke launcher sehingga guling ke kanan kebetulan ada kereta di bawah," kata Surya, Kamis (7/3/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com