Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

April 2024, Flyover Sekip Ujung di Palembang Sudah Bisa Dilintasi

Kompas.com - 06/03/2024, 11:49 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Selatan sedang menyelesaikan pembangunan Flyover Sekip Ujung di Kota Palembang.

Dengan adanya Flyover Sekip Ujung, kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi di persimpangan antara Jalan Amfibi dan Angkatan 66 di Kota Palembang ke depannya diharapkan akan berkurang.

Kepala BBPJN Sumatera Selatan Hardy P Siahaan menjelaskan, Flyover Sekip Ujung memiliki panjang 660 meter dengan lebar 18,40 meter yang terdiri dari empat lajur dua arah.

Anggaran untuk konstruksi flyover ini sebesar Rp 168,9 miliar dengan masa pelaksanaan TA 2022-2024.

"Saat ini proges pembangunannya telah mencapai 95 persen dan ditargetkan akan selesai pada akhir April 2024 untuk segera dimanfaatkan oleh masyarakat," jelas Hardy, dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR pada Selasa (5/3/2024).

Baca juga: WSBP Garap Flyover Bridge Rp 20,5 Miliar Shangri-La Hotel Jakarta

Pada pembangunan Flyover Sekip Ujung dilaksanakan pekerjaan khusus menggunakan oprit dengan mortar-busa, yaitu busa timbunan ringan yang terdiri dari material campuran busa (foam), semen, pasir, dan air untuk mengatasi kondisi tanah yang lunak di bagian bawah.

Untuk tahun 2024 Kementerian PUPR juga telah memprogramkan penataan kawasan Flyover Sekip Ujung dengan anggaran Rp 6 miliar yang meliputi pekerjaan landscape di empat segmen (bawah flyover dan depan Masjid), jalur pedestrian di kiri kanan flyover, serta ornamen motif songket pada pilar dan kiri kanan oprit dan planter box di kiri kanan oprit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com