Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2024, 10:18 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik memuji kinerja Samarinda sebagai kota dengan tingkat kelayakhunian tertinggi dan pelayanan masyarakat terbaik se-Kalimantan Timur.

Pujian ini disampaikan akmal, usai menghadiri Rapat Paripurna DPRD Samarinda, di Kota Samarinda, Senin (22/1/2024).

Menurut Akmal, kinerja Kota Samarinda bagus dan terus meningkat di bawah Wali Kota Andi Harun sehingga Kota Tepian ini semakin maju.

“Saya tadi sudah dengar capaian-capaian Pak Wali Kota. Itu sudah bagus dan terjadi peningkatan yang cukup bagus dan itu adalah kolaborasi bersama dengan teman-teman DPRD dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” ujar Akmal menjawab Kompas.com.

Baca juga: Samarinda Pro-Dunia Usaha, 80 Investor Antre Persetujuan

Akmal menuturkan, pencapaian yang telah diraih Samarinda merupakan hasil kolaborasi antar-stakeholder dan seluruh masyarakat.

“Tidak ada yang bekerja sendiri, itu adalah capaian bersama dengan seluruh anggota dan didukung oleh masyarakat dan OPD. Kita berharap ke depan, kolaborasi ini bisa ditingkatkan lagi,” imbuh Akmal.

Terkait apakah kinerja Samarinda ini bisa diduplikasi oleh kota-kota lainnya di Kalimantan Timur, Akmal menjawab, kunci kesuksesan pembangunan di daerah terletak pada perencanaan dan pelaksanaan yang matang.

“Jadi Pak Wali Kota dan OPD harus rajin eksekusi hal-hal yang baik. Buatlah yang terbaik agar masyarakat merasa dilayani dengan baik dan terpenuhi kebutuhannya. Itu aja kuncinya,” jelasnya.

Terlebih lagi, Kota Samarinda adalah Ibu Kota Provinsi yang berpengaruh terhadap citra Kalimantan Timur. Menggenapi Kota Balikpapan sebagai kota bisnis.

“Samarinda juga ibu kota provinsi. Kalau kita punya etalase lain Balikpapan juga, tetapi sebagai etalase tentu kita harus bersama-sama untuk membuat etalase itu lebih baik,” katanya.

Dia pun mengharapkan kerja sama antardaerah ditingkatkan. Semua kabupaten/kota yang ada di Kaltim turut kerja sama, agar Kota Samarinda sebagai ibu kota provinsi bisa membanggakan di tingkat nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com