Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Tol Kanci-Pejagan dan Pejagan-Pemalang Dimiliki Duet Belanda dan Abu Dhabi

Kompas.com - 12/01/2024, 07:47 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Investor dana pensiun asal Belanda, APG Asset Management N.V (APG), bersama Abu Dhabi Investment Authority (ADIA), resmi memiliki Jalan Tol Kanci-Pejagan dan Tol Pejagan-Pemalang.

Indonesia Investment Authority (INA) telah mengumumkan bahwa keduanya berinvestasi di ruas Jalan Tol Trans-Jawa tersebut pada Rabu (10/01/2024).

Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman yang ditandatangani pada Mei 2021 untuk membentuk platform investasi jalan tol pertama di Indonesia.

Dua ruas tersebut merupakan aset awal untuk platform ini, yang menargetkan peluang investasi hingga 2,75 miliar dollar AS atau setara Rp 42,77 triliun di berbagai jaringan jalan tol di Indonesia.

Bagi INA, transaksi ini juga merupakan investasi lanjutan dari transaksi sebelumnya dengan PT Waskita Transjawa Toll Road dan PT Waskita Toll Road, anak-anak perusahaan PT Waskita Karya (Persero) Tbk, untuk Tol Kanci-Pejagan dan Tol Pejagan-Pemalang.

Baca informasi lengkapnya di sini Resmi, Tol Kanci-Pejagan dan Pejagan-Pemalang Dimiliki Duet Belanda dan Abu Dhabi

Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung Direktorat Jenderal Sumber Daya Air telah menyelesaikan pembangunan Bendungan Cipanas di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja menjelaskan, pembangunan Bendungan Cipanas dimulai sejak November 2016 hingga selesai pada Desember 2023.

Bendungan ini memiliki kapasitas tampung sebesar 251 juta m3 atau sekitar 10 kali lebih besar dari Bendungan Kuningan.

"Saat ini keterisian bendungan telah mencapai 10 persen dan terus bertambah volume tampungannya dalam musim hujan. Statusnya siap diresmikan," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR, Kamis (11/01/2024).

Kepala BBWS Cimanuk-Cisanggarung, Dwi Agus Kuncoro menambahkan, Bendungan Cipanas memiliki manfaat suplai irigasi seluas 9.273 hektare untuk area pertanian di Kabupaten Sumedang dan Indramayu, khususnya di Daerah Irigasi (DI) Cipanas, Cikawung, dan Cibunut.

Baca informasi lengkapnya di sini Siap Diresmikan, Bendungan Cipanas Telah Terisi Air 10 Persen

Gedung pencakar langit tertinggi kedua di dunia, yakni Merdeka 118 Tower di Kuala Lumpur, Malaysia, telah resmi dibuka.

Seremonial pembukaan Merdeka 118 telah dilakukan oleh Raja Malaysia, Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah pada Rabu (10/01/2024).

Menara canggih setinggi 678,9 meter dengan 118 lantai ini merupakan gedung pencakar langit tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa di Dubai dengan ketinggian 828 meter.

"Sekarang, berdiri dengan indah di lokasi yang memiliki nilai historis yang signifikan ini adalah sebuah menara dengan ketinggian 678,9 meter dengan puncak menara yang melambangkan proklamasi kemerdekaan oleh almarhum Tunku Abdul Rahman Putra Al-Haj 67 tahun yang lalu," ujar Sultan Abdullah dikutip dari Malay Mail.

Menurut dia, Merdeka 118 Tower menjadi cermin perjalanan waktu kemerdekaan Malaysia dalam membangun negara berdasarkan semangat nasionalisme.

Baca informasi lengkapnya di sini Pencakar Langit Tertinggi Kedua di Dunia Resmi Dibuka

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com