Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Kuala Bingai-Tanjung Pura Masih Bisa Dilintasi hingga 10 Januari

Kompas.com - 03/01/2024, 09:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) masih mengoperasikan secara fungsional Tol Binjai-Langsa Seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura hingga tanggal 10 Januari 2024.

Untuk diketahui, sebelumnya ruas tol ini dioperasikan fungsional untuk mendukung mobilitas masyarakat saat libur Natal dan tahun baru 2023/2024.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan, Tjahjo Purnomo mengatakan, khusus ruas tol ini diperpanjang pengoperasiannya karena diperkirakan trafik masih cukup tinggi dan banyak kendaraan yang masih belum kembali ke tempat asal.

"Sehingga, untuk mengantisipasi kemacetan yang ada di jalan lintas, ruas tol ini masih akan dioperasikan secara fungsional," ujarnya dalam keterangan tertulis pada Selasa (02/01/2024).

Baca juga: Fungsional Tol Bangkinang-Koto Kampar Berakhir Rabu Ini Pukul 17.00 WIB

Menurut dia, tidak ditemukan kecelakaan atau fatalitas yang terjadi selama Tol Kuala Bingai-Tanjung Pura dibuka secara fungsional.

"Jalan tol ini telah dilalui lebih dari 48.000 kendaraan selama 24 Desember 2023 sampai 1 Januari 2024," tandasnya.

Dengan antusiasme yang tinggi dari pengguna jalan tol tersebut yang didominasi oleh kendaraan Golongan I (kendaraan pribadi), Hutama Karya berharap ruas tol ini dapat segera dioperasikan permanen agar semakin mempermudah akses wisata ataupun logistik bagi pengguna jalan tol yang ingin melintas antar provinsi.

"Saat ini kami masih menunggu Surat Keputusan (SK) Menteri PUPR terkait dengan pengoperasian ruas ini. Nanti setelah SK tersebut keluar baru dapat secara resmi dioperasikan," tutup Tjahjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com