Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri PPN Pastikan Pembangunan Monumen Bahasa Nasional Berlanjut

Kompas.com - 06/12/2023, 18:30 WIB
Hadi Maulana,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI Suharso Monoarfa memastikan pembangunan Monumen Bahasa Nasional, dan revitalisasi Pulau Penyengat terus berlanjut pada 2024.

“Kami dukung pembangunan dan dan kalau bisa dipercepat,” tegas Suharso, Rabu (6/12/2023).

Pulau Penyengat merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang memiliki nilai historis dan budaya tinggi, terutama sebagai tempat lahirnya bahasa Indonesia.

Untuk meningkatkan daya tarik dan kesejahteraan masyarakat pulau, Pemprov Kepri telah mengusulkan pengembangan infrastruktur dan sarana-prasarana Pulau Penyengat kepada Pemerintah Pusat.

Salah satu usulan yang mendapat respons positif dari Suharso Monoarfa adalah pembangunan Monumen Bahasa Nasional di Pulau Penyengat, yang merupakan tengara untuk menghormati peran pulau tersebut dalam sejarah bangsa Indonesia.

Monumen ini akan dibangun tahun 2024 dengan anggaran sebesar Rp 50 miliar.

“Setelah bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa resmi UNESCO, akan kita bangun Monumen Bahasa Nasional agar generasi penerus bisa tahu asal muasal bahasa Indonesia dari Pulau Penyengat,” ujar Suharso.

Selain monumen, usulan lain yang diajukan oleh Pemprov Kepri meliputi penataan Balai Adat, penataan jalan lingkar, peningkatan fasilitas air bersih dan sanitasi, penataan kawasan wisata religi, heritage, zero carbon, serta pemberdayaan masyarakat setempat.

Suharso mengatakan, revitalisasi Pulau Penyengat bertujuan untuk menjadikan pulau tersebut sebagai kawasan permukiman yang lebih representatif dan nyaman bagi masyarakat.

Hal ini sekaligus sebagai kawasan objek wisata multifungsi yang menarik bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

“Kami ingin Pulau Penyengat menjadi salah satu ikon wisata Kepri yang bisa menunjukkan kekayaan sejarah dan budaya kita, serta menjadi sumber inspirasi bagi generasi muda untuk mencintai bahasa Indonesia,” terang Suharso.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad sangat mengapresiasi dukungan penuh yang diberikan pemerintah pusat melalui Bappenas RI untuk revitalisasi Pulau Penyengat.

Dukungan Bappenas RI antara lain adalah becak motor listrik yang ramah lingkungan, TPST (Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu), sampai penyediaan air bersih untuk Pulau Penyengat.

“Kami sangat berterima kasih karena Kepala Bappenas terus memberikan dukungan penuh untuk revitalisasi Pulau Penyengat, beberapa kali beliau berkunjung kesini dan benar-benar serius ingin meningkatkan performa Pulau Penyengat,” terang Ansar.

Selain meninjau Pulau Penyengat, agenda kunjungan kerja Suharso Monoarfa adalah meninjau beberapa proyek strategis lainnya seperti pembangunan Pelabuhan Kuala Riau Pelantar 1 dan Pelantas 2, dan pembangunan lanjutan jalan lintas barat di Bintan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com