Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rhenald Kasali Usulkan Pengadaan Kebun Binatang Endemik di IKN

Kompas.com - 30/11/2023, 17:22 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guru Besar Ilmu Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Rhenald Kasali mengusulkan pengadaan kebun binatang endemik di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal ini disampaikannya kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat menjadi pembicara dalam acara ESG Lecture di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (30/11/2023).

"Saya pernah berpikir Pak Bas, di IKN ada tempat pelestarian hewan asli Indonesia. Itu harus kita pikirkan, karena tidak mungkin kita pelihara seperti biasa," ucapnya.

Usulan tersebut muncul setelah dirinya melihat kondisi kebun binatang di Indonesia yang didominasi satwa luar negeri, seperti harimau benggala, jerapah, hingga pelikan.

"Kenapa tidak kita taruh binatang Indonesia yang jumlahnya banyak sekali, ada binturong, kanguru pohon, tapir, itu banyak sekali dan itu harus kita selamatkan," imbuh Rhenald Kasali.

Menteri Basuki menyambut dengan baik usulan tersebut dan mengatakan hal itu bisa ditanyakan lebih lanjut ke Otorita IKN (OIKN).

Baca juga: BSDE Buka Peluang Bangun Proyek di IKN Nusantara

"Itu ide yang bisa dipakai banget, itu ada investasi bukan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)," kata Basuki.

Sementara Kementerian PUPR saat ini tengah melaksanakan pembangunan infrastruktur dasar di IKN.

Pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke IKN tahap pertama akan dilaksanakan pada 2024 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com