Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Proyek Tol JORR Layang Dimulai Februari 2024

Kompas.com - 11/11/2023, 08:42 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek Jalan Tol Jakarta Outer Ring-Road (JORR) Elevated Cikunir-Ulujami kemungkinan akan dimulai lebih dini dibandingkan target awal.

Hal ini menyusul informasi dari Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian yang mengatakan bahwa konstruksi Tol JORR E kemungkinan akan dimulai pada Februari-Maret 2024.

"Mungkin bulan Februari-Maret (2023) kita mulai konstruksi," tutur Hedy, Rabu (8/11/2023).

Hedy juga menjelaskan pembangunan Tol JORR E dikarenakan volume/capacity (V/C) ratio Tol JORR eksisting sudah terlalu padat dan tinggi.

"Belum nanti akan ada juga Jakarta-Cikampek (Japek) Selatan, jadi semuanya bermuara di JORR. Oleh sebab itu, kita butuh peningkatan kapasitas di JORR itu," imbuh Hedy.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftachul Munir menyebutkan, proyek ini ditargekan dimulai pada Juli 2024 dan rampung pada Maret 2027.

"Jadwal konstruksi berdasarkan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) selama 33 bulan sejak Juli 2024 sampai Maret 2027, dan jadwal pengoperasian pada April 2027," jelasnya, Selasa (17/10/2023).

Lantas, bagaimana dengan pendanaan proyek Tol JORR E ini? Baca informasi lengkapnya di sini Lebih Cepat dari Target, Proyek Tol JORR Layang Dimulai Februari 2024

"Sertifikasi rumah ibadah dilakukan tanpa terkecuali dan diskriminasi".

Demikian Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) hadi Tjahjanto secara tegas memastikan penyertifikatan rumah ibadah, saat penyerahan sertifikat aset Barang Milik Daerah (BMD) dan rumah ibadah, di Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (9/11/2023).

Hadi menjelaskan, langkah sertifikasi ini bertujuan untuk memberikan kepastian hukum dan keamanan hak atas tanah dan bangunan rumah ibadah tersebut.

Ada tiga sertifikat tanah untuk rumah ibadah dengan peruntukan masjid, pura, dan vihara di Kota Pangkalpinang.

"Saya mengimbau para kepala daerah untuk dapat membantu menginventarisasi tanah-tanah rumah ibadah dan segera dilaporkan ke Kantor Pertanahan setempat," ucap Hadi.

Baca informasi lengkapnya di sini Sertifikasi Rumah Ibadah Dilakukan Tanpa Terkecuali dan Diskriminasi

PT PP (Persero) Tbk telah melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama proyek Bank Syariah Indonesia (BSI) Tower pada Kamis (09/11/2023).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com