Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, 43.068 Rumah Subsidi Dapat Bantuan PSU, Terbanyak di Sulsel

Kompas.com - 08/11/2023, 18:44 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada tahun 2023, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan menyalurkan 43.068 unit prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) untuk rumah subsidi di seluruh Indonesia.

Jumlah penyaluran bantuan PSU paling banyak di Sulawesi Selatan bagi 89 pengembang perumahan bersubsidi.

Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Ditjen Perumahan Kementerian PUPR Fitrah Nur menerangkan, penyaluran bantuan PSU diperlukan agar para pengembang lebih bersemangat membangun rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Pihaknya juga menerjunkan tim untuk melakukan verifikasi lapangan dan sosialisasi kepada pengembang dan pemerintah daerah terkait bantuan PSU.

"Salah satu lokasi yang menjadi percontohan atau pilot project pembangunan PSU adalah Perumahan Perumnas Samesta Pasadena di Kabupaten Bandung. Perumahan tersebut mendapat tiga komponen bantuan PSU," jelas Fitrah dalam rilis, Rabu (8/11/2023).

Fitrah menambahkan, berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) PUPR Nomor 7 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Bantuan Pembangunan Perumahan dan Penyediaan Rumah Khusus dinyatakan bahwa bantuan pembangunan PSU diperuntukkan bagi Perumahan Skala Besar dan Perumahan Selain Skala Besar.

Baca juga: 1.115 Rumah Subsidi Perumnas di Bandung Dapat Bantuan PSU

Perumahan skala besar meliputi perumahan umum dan/atau perumahan dengan hunian berimbang.

Komposisi perumahan skala besar ini terdiri atas satu perumahan atau lebih dari satu perumahan.

Adaoun entuk Bantuan Pembangunan PSU meliputi jalan, drainase, sistem penyediaan air minum dan prasarana dan sarana persampahan.

Sedangkan bantuan jalan meliputi jalan lingkungan perumahan, jalan penghubung antar perumahan atau jalan akses perumahan umum.

Adanya PSU diharapkan selain mampu membuat lingkungan rumah bersubsidi lebih nyaman juga mendorong MBR menghuni rumah yang layak dan berkualitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com