Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Penghargaan Konstruksi Indonesia 2023 Dimeriahkan Gebukan Drum Basuki

Kompas.com - 04/11/2023, 14:50 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Malam Penghargaan Konstruksi Indonesia 2023 digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta pada Jumat (3/11/2023).

Puncak acara pameran konstruksi tahunan tersebut diramaikan dengan gebukan drum oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Menteri yang akrab dengan sapaan Pak Bas ini hadir langsung di panggung dan ikut bermain musik bersama band dalam sesi ramah tamah.

Tak hanya menggebuk drum, Pak Bas juga ikut menyanyikan sepenggal lagu daerah dari Sumatera Utara yang disambut meriah oleh para tamu.

Adapun lagu-lagu yang dibawakan, meliputi Bongkar, Anak Medan, Situmorang, Bento, dan masih banyak lagi.

Pada kesempatan yang sama, Basuki menjelaskan bahwa Konstruksi Indonesia 2023 berhasil menarik sekitar 29.000 pengunjung.

Baca juga: Sektor Konstruksi Tumbuh, Berkontribusi terhadap PDB 9,43 Persen

Angka tersebut jauh melampaui target awal pengunjung selama tiga hari pameran dilaksanakan pada 1-3 November 2023, yakni hanya sekitar 10.000 pengunjung.

"Konstruksi Indonesia 2023 telah dikunjungi lebih dari 29.000 pengunjung dari lebih dari 400 asosiasi jasa konstruksi. Ini menunjukkan gairah konstruksi di Indonesia, dan saya yakin ke depan jasa konstruksi akan terus maju dan berkembang," kata Basuki.

Malam Penghargaan Konstruksi Indonesia 2023 diselenggarakan sebagai bentuk penghargaan kepada masyarakat jasa konstruksi atas kontribusinya dalam penyelenggaraan jasa konstruksi nasional.

Penghargaan yang diberikan terdiri dari 5 kategori yaitu Kategori Pembinaan Penyelenggaraan Jasa Konstruksi kepada 3 Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) tingkat Provinsi dan 3 OPD tingkat Kabupaten, Kategori Implementasi Building Information Modelling (BIM) kepada 3 penyedia jasa konstruksi. 

Kemudian, Kategori Implementasi Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) kepada 3 penyedia jasa konstruksi, Kategori Implementasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) kepada 4 penyedia jasa konstruksi, dan Kategori Tertib Registrasi Tenaga Kerja Konstruksi Asing, kepada 1 instansi.

Rangkaian kegiatan Konstruksi Indonesia 2023 telah dilaksanakan sejak Mei 2023 dengan agenda utama meliputi national call for paper and conference, pameran dan penghargaan konstruksi, kompetisi konstruksi, bedah buku Konstruksi Indonesia 2023, ASEAN Chartered Professional Engineers (ACPE) Forum, dan malam penghargaan Konstruksi Indonesia 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com