Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bingung Pilih AC Inverter atau Non-Inverter? Pahami Bedanya Sekarang

Kompas.com - 17/10/2023, 09:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber My Voltas

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat musim kemarau seperti saat ini, air conditioner (AC) menjadi barang elektronik yang paling dincar.

Tak heran, AC diburu banyak orang karena tidak hanya sebagai solusi meredakan hawa panas, melainkan mengatasi gangguan tidur, gangguan pernapasan, dan masih banyak lagi.

Kendati demikian, ketika memilih AC, Anda akan dihadapkan dengan dua pilihan yakni inverter maupun non-inverter.

Ketahuilah, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Perbedaan utama antara AC inverter dan non-inverter terletak pada kecepatan kompresornya.

Baca juga: Dapatkah Menggunakan Air dari AC untuk Menyiram Tanaman?

AC inverter memiliki kompresor kecepatan variabel, sedangkan AC non-inverter memiliki kompresor kecepatan tetap.

Saat beroperasi, AC inverter dapat mengontrol kecepatan motor kompresor untuk mengatur suhu.

Penggunaan saklar inverter juga memungkinkan fleksibilitas yang lebih besar dalam hal penggunaan daya.

Sementara itu, AC non-inverter masih menggunakan metode on/off, dimana kompresor dinyalakan dan dimatikan secara berkala untuk mempertahankan suhu yang diinginkan.

Cara kerja seperti ini menggunakan lebih banyak energi daripada inverter dan dapat mengakibatkan sistem AC menjadi lebih cepat rusak.

AC inverter juga lebih hemat energi daripada non-inverter karena dapat mengubah konsumsi daya tergantung pada seberapa panas suhu udara serta jumlah orang yang ada di dalam ruangan.

Perbedaan lain antara kedua jenis AC ini adalah refrigeran yang digunakan pada AC non-inverter mengeluarkan emisi berbahaya yang berdampak buruk bagi lingkungan.

AC inverter modern menggunakan zat pendingin yang efisien seperti R32 yang memberikan kapasitas pendinginan yang lebih baik dan juga memancarkan emisi yang lebih rendah.

Secara keseluruhan, AC Inverter jauh lebih hemat energi daripada non-inverter, bahkan besar penghematan listriknya bisa mencapai 30 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com