Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati Hari Habitat dan Kota Dunia 2023, Aksi Bersih-bersih Digelar

Kompas.com - 15/10/2023, 13:22 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar fun walk dan parade bersih-bersih dalam rangka memperingati Hari Habitat Dunia (HHD) dan Hari Kota Dunia (HKD) 2023.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berharap, kegiatan tersebut dapat menginspirasi masyarakat dalam membangun kawasan perkotaan. Sebab, saat ini masih banyak kota dalam kondisi kumuh.

"Saya kira itu untuk memperingati HKD berikut HHD. Mudah-mudahan ini terus menginspirasi kita dalam membangun kawasan perkotaan yang masih banyak lagi kota-kota yang kumuh," tutur Basuki dalam pidatonya di Jakarta, Minggu (15/10/2023).

Basuki mengungkapkan, jika melihat negara lain dapat membangun kotanya dengan begitu tertib dan rapih, namun di Indonesia kondisinya masih sama saja.

Baca juga: Bakal Dibangun KEK Pendidikan dan Teknologi di Kota Jababeka

Maka dari itu, dia menginginkan agar perayaan HHD maupun HKD 2023 bisa dapat membangun kota yang lebih baik ke depannya.

Mengacu pada New Urban Agenda (NUA) yang didasari oleh Sustainable Development Goals (SDG’s), pembangunan permukiman dan perkotaan dalam satu konteks kewilayahan dapat menggunakan pendekatan berbasis manusia, responsif gender, maupun usia.

Selain itu, setiap pemangku kepentingan juga punya kepentingan dalam pengimplementasian NUA.

Sehingga, perlu adanya kolaborasi, dan tidak hanya pemerintah saja yang melaksanakannya tetapi bersama-sama.

Dari 17 target SDG’s yang harus dicapai, terdapat tujuh tujuan utama yang harus diprioritaskan dan disesuaikan terlebih dahulu dalam kondisi Indonesia.

Hal tersebut terangkum dalam 8 buku Panduan Praktis Implementasi NUA, dimana Kementerian PUPR juga terlibat di dalamnya.

Adapun tujuan tersebut meliputi, Perumahan dan Akses Pelayanan Dasar, Kebencanaan dan Lingkungan Perkotaan, dan Tata Kelola Perkotaan.

Kemudian, Transportasi dan Mobilitas Perkotaan, Penataan Ruang dan Pengembangan Wilayah Perkotaan, Pembangunan Ekonomi Lokal, serta Sosial-Budaya dan Kesehatan Masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com