Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontrak Eksternal Waskita Beton Melejit 212 Persen, 80 Persen Swasta

Kompas.com - 14/10/2023, 11:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Beton Precast Tbk atau WSBP perolehan nilai kontrak baru (NKB) eksternal hingga September 2023 tumbuh sebesar 212 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Pertumbuhan NKB porsi pasar eksternal tahun ini merupakan yang paling tinggi selama setengah dekade terakhir.

“Ini merupakan catatan baru bagi WSBP karena telah secara progresif menggenjot pasar eksternal dengan pertumbuhan lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu,”ujar Vice President of Corporate Secretary WSBP Fandy Dewanto dalam siaran pers, Jumat (13/10/2023).

Perolehan NKB porsi eksternal ini mayoritas didapat dari pelanggan swasta dengan porsi 80 persen dari total NKB.

Baca juga: Lagi, Waskita Beton Suplai Proyek Jetty Lotte di Cilegon Rp 4,6 Miliar

“Kalau dilihat berdasarkan pelanggan, mayoritas kontrak kami dengan sektor swasta sebesar 80 persen, BUMN/BUMD sebesar 19 persen dan sisanya adalah sektor pemerintah,” lanjutnya.

Adapun beberapa proyek besar di luar Waskita Grup yang didapat yaitu Sumbawa LNG Terminal and Regasification Project yang dimiliki oleh PT JGC Indonesia.

Selanjutnya, Proyek Area Gasing Kec Talang Kelapa Banyuasin Sumatera Selatan yang dimiliki oleh PT Multi Welindo, Proyek Pengaman Pantai di Teluk Jakarta Tahap 6 Paket 3 yang dimiliki oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Minarta Dutahutama.

Selanjutnya,  Proyek Nusantara International Convention and Exhibition yang dimiliki oleh PT Industri Pameran Nusantara, Proyek Tol Bayung Lencir Tempino Seksi 2 yang dimiliki oleh PT PP (Persero) Tbk dan PT Nindya Karya (Persero), dan proyek lainnya.

Sementara dari Waskita Group, ada lima proyek yang menjadi terbesar seperti Pembangunan Jalan di dalam KIPP.

Mulai dari Paket Pembangunan Jalan Feeder (Distrik) di Kawasan IKN, ADD III Proyek Pembangunan Jalan Tol Jakarta Cikampek 2 Selatan Paket 3, Proyek Jalan Tol Bayung Lencir Tempino Seksi 1.

Juga, Proyek Pembangunan Bangunan Gedung Sekretariat Presiden dan Bangunan Pendukung Pada Kawasan Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com