Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir 2023, Kalbar Punya Spot Wisata Baru Waterfront Siluk Kapuas Hulu

Kompas.com - 12/10/2023, 10:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian PUPR sedang mempercepat penyelesaian penataan Kawasan Taman Alun Putussibau-Kapuas Hulu sebagai Waterfront Siluk di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Pemberian nama SILUK pada kawasan waterfront itu merupakan singkatan dari Sehat, Indah, Lestari, Unggul dalam Keberagaman.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalbar, Deva Kurniawan mengatakan, penataan Kawasan Waterfront Siluk dibangun sejak Februari 2023 dengan biaya sebesar Rp 27,25 miliar.

"Saat ini Progres pekerjaannya telah mencapai 45% ditargetkan akan rampung pada Desember 2023," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR, Kamis (12/10/2023).

Baca juga: Waterfront City Pangururan, dari Danau Toba untuk Dunia

Lingkup pekerjaannya berupa pembangunan Plaza, Taman dan Waterfront, Tangga Tribun, Pedestrian dan drainase, Tempat Parkir, Patung Arwana, Street Furniture, Toilet dan Menara Air, Fitness Outdoor, Dermaga, dan Tempat Pembuangan Sampah.

Proyek Penataan Kawasan Waterfront Siluk Kapuas Hulu di Kalbar.Dok. Kementerian PUPR Proyek Penataan Kawasan Waterfront Siluk Kapuas Hulu di Kalbar.
Menurut Deva, Kawasan Taman Alun Putussibau-Kapuas Hulu merupakan tempat yang strategis bagi masyarakat Putussibau dan sekitarnya untuk meluangkan waktunya di sore hari dan malam hari serta di hari libur bersantai bersama keluarga dan teman-teman.

"Lokasinya tepat di bawah samping Jembatan Kapuas Putussibau, dan berdekatan dengan tepian Sungai Kapuas," tandasnya.

Di Taman Alun Putussibau-Kapuas Hulu ini juga akan disediakan berbagai sarana taman seperti Gazebo, kursi taman, arena bermain anak dan ada pujasera yang menjajakan macam-macam kuliner.

"Untuk akses menju ke lokasi, dari Kota Pontianak sejauh 584 kilometer dan dapat ditempuh menggunakan transportasi darat selama kurang lebih 14 jam," pungkas Deva.

Ada pun pekerjaan penataan dilakukan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalbar bersama PT Rancang Bangun Mandiri-PT Riefna Karya Bangun Spesialis, KSO selaku kontraktor pelaksana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com