Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal 2024, One Global Capital Memulai Sejarah Baru dengan Dua Proyek

Kompas.com - 03/10/2023, 13:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2024 akan menjadi tonggak sejarah baru bagi Iwan Sunito, pengembang sekaligus arsitek yang sukses di Australia.

Dengan bendera barunya, One Global Capital, perusahaan investasi yang dirintis Iwan akan memulai peluncuran dua proyek sekaligus dengan nilai Rp 4,5 triliun di Macquarie Park, dan One Chatswood senilai Rp 7,5 triliun.

Sebelumnya, Iwan telah memulai rekam jejaknya dengan menggenggam kendali 50 persen saham Crown Group atas jaringan hotel SKYE Suites Green Square.

“Saya melihat saat ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan kebijakan strategis perusahaan mengingat pasar properti Australia khususnya di Sydney, demikian potensial, ” ujar Iwan.

Menurutnya, kondisi pasar properti Australia khususnya di Sydney, mendorong Iwan untuk mempersiapkan sejumlah langkah strategis dalam menghadapi 2024.

Baca juga: Iwan dan Paul, Duet Indonesia Penakluk Pasar Australia

Menurut firma akuntan KPMG International Limited, harga hunian di seluruh Australia akan melonjak dalam 18 bulan ke depan.

Dalam laporan Residential Property Market Outlook September 2023, Kepala Ekonom KPMG International Limited Brendan Rynne mengungkapkan sejumlah faktor yang diperkirakan akan mendorong kenaikan harga.

Pertama, kelangkaan pasokan tempat tinggal, kedua lahan terbatas, ketiga menurunnya tingkat persetujuan dan aktivitas konstruksi yang lebih lambat.

Keempat lonjakan imigrasi pasca pandemi juga diperkirakan akan menambah tekanan signifikan terhadap permintaan perumahan.

KPMG menilai, harga hunian akan naik secara Nasional sebesar 4,9 persen selama sembilan bulan ke depan dan kemudian meningkat 9,4 persen hingga Juni 2025.

CEO One Global Capital Iwan SunitoCrown Group CEO One Global Capital Iwan Sunito
Dua proyek berkelanjutan

Macquarie Park dikenal sebagai kawasan pelajar dengan 44.000 siswa yang menempuh pendidikan di Macquarie University.

Selain dikenal sebagai pusat teknologi, Macquarie Park juga merupakan salah satu kawasan medis terbesar di Sydney.

Terdapat jalur Metro baru yang akan selesai dibangun pada tahun 2024, menghubungkan Macquarie Park dengan kawasan Barangaroo, sehingga waktu tempuh dapat dipangkas menjadi 18 menit.

Proyek kedua adalah proyek One Chatswood yang sedang dalam proses permohonan izin kepada Dewan Kota Sydney.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com