Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Milenial Incar Rumah dengan Luas 50-100 Meter Persegi

Kompas.com - 05/09/2023, 20:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Country Manager 99 Group Indonesia Maria Herawati Manik mengatakan, tren rumah kecil paling banyak diminati oleh generasi milenial.

Luasan rumah kecil yang dimaksud berkisar 50 meter persegi hingga 100 meter persegi dengan angka sekitar 38 persen.

Namun, tak sedikit juga yang memilih luas rumah 100 meter persegi sampai dengan 150 meter persegi.

"Mungkin tren rumah kecil ya. Mereka merawat rumah juga agak-agak ribet ya. Jadi, tren rumah 50-100 meter itu cukup banyak diminati," ungkap Maria dalam talkshow Hari Properti Nasional Festival 2023 (Harpropnas Fest 2023) di Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Baca juga: Bareng Hankyu Hanshin, Springhill Rilis Rumah Milenial di Cisauk

Maria melanjutkan, generasi milenial pada dasarnya membeli rumah untuk ditempati. Hal ini berbeda dengan Z yang memilih untuk dua tujuan, ditempati maupun diinvestasikan.

"Kalau kita lihat dari tipe properti itu sendiri, masih didominasi rumah tapak. Sekitar 64 persen-65 persen. Bahkan, kadang-kadang bisa menyentuh angka 70 persen tergantung di areanya ya. Tapi, secara keseluruhan, 65 persen didominasi rumah tapak," jelasnya.

Sementara sisanya adalah apartemen, shop house atau rumah toko (ruko), gudang, tanah, dan lain sebagainya.

Jika dilihat dari rentang harga, Rumah123 yang merupakan merupakan bagian dari marketplace 99 Group melihat terdapat minat yang cukup besar pada harga kisaran Rp 400 juta-Rp 1 miliar dan Rp 1 miliar-Rp 3 miliar.

Menurut Maria, fenomena tersebut menunjukkan adanya peningkatan harga properti.

Sebelumnya, saat Pandemi Covid-19 banyak orang cenderung mencari properti seharga Rp 1 miliar-Rp 1,5 miliar.

"Sekarang, orang di beberapa area itu sudah menyadari. Misalnya kalau cari di tengah Jakarta enggak mungkin deh kayaknya properti atau rumah dengan luasan tertentu, nyarinya ada di harga misalnya Rp 1 miliar. Jadi, mereka sudah menyadari dari keterjangkauan dari harga properti itu sendiri," tutur dia.

Sementara dilihat dari segi usianya, para pencari properti didominasi oleh rentang usia 18 tahun-44 tahun atau 70 persen dari generasi milenial maupun Z.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com