Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepanjang 2023, Pengadaan Lahan di Jateng Habiskan Rp 2,9 Triliun

Kompas.com - 04/09/2023, 16:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang tahun 2023, besar dana yang dihabiskan untuk pengadaan lahan di provinsi Jawa Tengah mencapai Rp 2,904 triliun.

Itu membuat Jateng berada di posisi pertama sebagai daerah dengan dana pengadaan lahan terbesar di Indonesia.

Hal tersebut terungkap dalam laporan kinerja optimalisasi aset dan pengadaan pendanaan lahan yang dirilis oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

Salah satu proyek pembangunan yang ada di Jateng dan membutuhkan dana pengadaan lahan misalnya Jalan Tol Semarang-Demak. 

Baca juga: 5 Proyek Jalan Tol Ini Habiskan Dana Besar untuk Pengadaan Lahan

Di posisi kedua, ada provinsi Jawa Barat (Jabar), di mana jumlah dana pengadaan lahan yang telah dikucurkan mencapai Rp 2,233 triliun.

Selanjutnya ada provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk pembangunan infrastruktur di sana, pemerintah telah mengucurkan dana pengadaan lahan sebesar Rp1,390 triliun.

Tak hanya di Pulau Jawa. Dana pengadaan lahan juga mengucur deras ke provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Dikeluarkannya dana tersebut merupakan bagian dari proyek-proyek infrastruktur untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Baca juga: Ini Daftar Konglomerat yang Terjun ke IKN

LMAN mencatat, hingga Agustus 2023, besar dana yang dikeluarkan untuk pengadaan lahan di Kaltim mencapai Rp 723,787 miliar.

Sementara itu, di posisi ke lima, ada Provinsi Banten yang tercatat telah mendapatkan dana pembebasan lahan sebesar Rp 511,44 miliar.

Dana proyek pengadaan lahan ini biasanya langsung diberikan kepada masyarakat sebagai imbalan karena sudah memberikan tanahnya untuk pembangunan infrastruktur publik. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com