Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Nasib Proyek Strategis Nasional Tol Akses Patimban?

Kompas.com - 19/08/2023, 19:11 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Akses Pelabuhan Patimban merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) sektor jalan dan jembatan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, proyek Tol Akses Patimban sudah masuk dalam tahap penetapan pemenang tender.

"Iya sudah tender kan, tinggal penetapan pemenang, langsung berjalan," ujar Basuki saat ditemui usai Konferensi Pers RAPBN dan Nota Keuangan Tahun Anggaran 2024 di Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Sementara pada beberapa waktu lalu, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan, Kementerian PUPR tengah melakukan tender ulang terhadap proyek Tol Akses Patimban.

"Tender ulang, ya ada ketidaksempurnaan," kata Hedy saat ditemui usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Selasa (4/7/2023).

Berdasarkan data dari laman resmi Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), ada tiga dari empat paket pekerjaan Tol Akses Patimban yang ditender ulang, yakni paket 1, paket 2, dan paket 3.

Total nilai tiga paket pekerjaan yang ditender ulang tersebut sebesar Rp 2,78 triliun dengan alasan tertulis karena ditemukan kesalahan dalam Dokumen Pemilihan atau Dokumen Pemilihan tidak sesuai dengan ketentuan.

Baca juga: Basuki Optimistis Seluruh Proyek Strategis Nasional Kelar Tahun 2024

Hal ini merujuk kepada Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah beserta perubahannya dan aturan turunannya.

Sedangkan untuk tender paket 4 dimenangkan oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dengan pagu Rp 1,2 triliun dan harga penawaran sebesar Rp 1,181 triliun.

Saat ini, tahapan pekerjaan tender paket 4 proyek Tol Akses Patimban tinggal penandatanganan kontrak.

Sebagai informasi, pembangunan Tol Akses Patimban rencananya dimulai pada paruh kedua tahun 2023. Itupun ruas yang menjadi kewenangan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Mengingat porsi pembangunan jalan tol yang membentang sepanjang 37,05 kilometer dan memiliki lima seksi ini terbagi menjadi dua.

Meliputi porsi BUJT PT Jasamarga Akses Patimban (JAP) sepanjang 14,11 kilometer yang mencakup Seksi 1 dan 2. Sementara porsi Pemerintah sepanjang 22,94 kilometer, mencakup Seksi 3-5.

PT JAP merupakan konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN)-Swasta-Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pemenang lelang pembangunan Jalan Tol Akses Patimban yang terdiri dari PT Jasa Marga, PT Nusa Raya Cipta, PT Adhi Karya, PT PP, PT Wijaya Karya, dan PT Subang Sejahtera.

Kelima seksi Tol Akses Patimban meliputi Seksi 1 Junction Cipeundeuy-SS Cipeundeuy sepanjang 2,65 kilometer, Seksi 2 SS Cipeundeuy-SS Pasir Bungur 10,06 kilometer.

Lalu, Seksi 3 SS Pasir Bungur-SS Tambak Dahan sepanjang 16,10 kilometer, Seksi 4 SS Tambak Dahan-SS Pusakanegara 7,11 kilometer, dan Seksi 5 SS Pusakanegara-Patimban 1,13 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com