Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Siapkan Rp 422,7 Triliun untuk Bangun Infrastruktur pada 2024

Kompas.com - 16/08/2023, 16:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menghadapi tahun 2024, pemerintah berencana menyiapkan dana sebesar Rp 422,7 triliun untuk membangun infrastruktur di Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam Pengantar RAPBN 2024 dan Nota Keuangan di Kompleks Parlemen, Rabu (16/8/2023).

Alokasi anggaran tersebut diketahui lebih besar dari anggaran infrastruktur tahun 2023, yakni sebesar Rp 392 triliun.

"Untuk mendorong produktivitas, mobilitas, dan konektivitas, serta pemerataan yang berkeadilan, anggaran infrastruktur dialokasikan sebesar Rp 422,7 triliun," kata Presiden Jokowi.

Baca juga: Kebutuhan Pembiayaan Infrastruktur Transportasi Capai Rp 1.288 Triliun

Dikatakan, anggaran tersebut nantinya akan ditujukan untuk penguatan penyediaan pelayanan dasar, peningkatan produktivitas melalui infrastruktur konektivitas dan mobilitas, serta peningkatan jaringan irigasi melalui pembangunan bendungan.

Anggaran infrastruktur juga akan digunakan untuk membangun saluran irigasi primer, sekunder, dan tersier, penyediaan infrastruktur di bidang energi dan pangan yang terjangkau, andal, dan berkelanjutan. 

Kemudian juga untuk pemerataan akses teknologi informasi dan komunikasi serta mendukung proyek-proyek strategis, termasuk pembangunan IKN.

Baca juga: Pasokan Air di IKN Dijamin hingga 2100 Lewat Infrastruktur Ini

Presiden menegaskan, akselerasi pembangunan infrastruktur ditempuh dengan bauran skema pendanaan, melalui sinergitas pembiayaan investasi dan belanja kementerian/lembaga serta meningkatkan peran swasta.

"Untuk itu, pemerintah terus mendorong pengembangan skema kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yang lebih masif dan berkelanjutan," tambah Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com