Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Keliru, Ini Perbedaan Homestay dengan Guest House

Kompas.com - 15/08/2023, 16:32 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

Sumber Medium

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pelancong perlu mengetahui perbedaan homestay dengan guest house sebelum menentukan pilihan akomodasi penginapan.

Pasalnya, dua jenis akomodasi tersebut mudah dijumpai di Indonesia dan terkadang menimbulkan pertanyaan terkait masing-masing profilnya.

Meskipun homestay dan guest house sama-sama akomodasi penginapan, keduanya memiliki perbedaan satu sama lain.

Dikutip dari situs Medium, setidaknya terdapat empat perbedaan homestay dengan guest house. Berikut penjelasannya:

1. Kepemilikan dan Pengelolaan

Homestay biasanya adalah tempat tinggal pribadi di mana pemilik tinggal di tempat atau berada dekat dengan lokasi. Tuan rumah menyewakan sebagian dari rumah mereka atau kamar tertentu untuk para tamu.

Baca juga: Tahukah Anda Perbedaan Vila dan Homestay? Nih Jawabannya

Sebaliknya, guest house adalah properti yang dirancang khusus untuk menampung tamu. Dimiliki oleh individu, keluarga, atau bisnis, semata-mata untuk tujuan menyediakan akomodasi.

2. Tingkat Privasi

Di homestay, tamu biasanya memiliki pengalaman yang lebih intim dan pribadi karena mereka tinggal di rumah seseorang. Layaknya tinggal di rumah sendiri.

Mereka mungkin memiliki kamar tidur pribadi tetapi berbagi ruang umum seperti ruang tamu, dapur, dan kamar mandi dengan tuan rumah ataupun tamu lain.

Sementara di guest house, umumnya menawarkan lebih banyak privasi karena para tamu memiliki kamar tersendiri dengan kamar mandi pribadi dan bahkan terkadang dapur kecil.

3. Fasilitas dan Layanan

Umumnya guest house menawarkan berbagai fasilitas dan layanan yang sebanding dengan hotel kecil. Pengelola mungkin menyediakan fasilitas seperti meja penerima tamu, layanan kamar, makan di tempat, layanan laundry, dan kadang-kadang area rekreasi.

Di sisi lain, homestay mungkin memiliki lebih sedikit fasilitas tetapi seringkali memberikan pengalaman yang lebih personal. Tingkat layanan dan fasilitasnya sangat bergantung pada masing-masing penawaran dari tuan rumah.

Baca juga: Lima Hotel Terfavorit di Dunia 2023, Salah Satunya dari Indonesia

4. Harga

Secara umum homestay cenderung lebih terjangkau daripada guest house karena sering menyediakan akomodasi dasar tanpa biaya tambahan fasilitas dan layanan seperti hotel.

Sedangkan di guest house, dengan fasilitas dan layanan tambahannya, mungkin memiliki tarif yang lebih tinggi.

Hal-hal itulah yang setidaknya menunjukkan perbedaan antara homestay dengan guest house.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com