Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Menempatkan Akuarium Ikan di Ruangan Ber-AC?

Kompas.com - 10/08/2023, 16:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini, penempatan akuarium ikan di dalam sebuah rumah tak hanya menjadi bagian dari hobi saja.

Akuarium telah menjadi bagian dari elemen dekorasi rumah. Karena itu, lanskap akuarium dirancang dengan baik untuk menunjang tampilan hunian.

Penempatan akuarium dapat diatur sesuai dengan keinginan pemilik rumah. Namun demikian, apakah boleh akuarium ditempatkan pada ruangan ber-ac?

 

Seperti dikutip dari laman Fish Keep Up, akuarium ikan dapat ditempatkan di dalam ruangan yang memiliki AC.

Baca juga: Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Akuarium Ikan untuk Rumah Anda

Suhu optimal sebuah agar sebuah akuarium ikan bisa tetap sehat di dalam ruangan ber-AC adalah antara 25 hingga 27 derajat Celcius.

Meskipun unit AC di rumah Anda dapat beroperasi pada suhu serendah 16 derajat Celcius, harus diingat bahwa suhu optimal untuk akuarium ikan adalah antara 25 hingga 27 derajat Celcius.

Oleh karena itu, tidak peduli seberapa panas pun udara di dalam rumah, Anda tidak dapat mengoperasikan AC di bawah 25 derajat celcius.

Namun demikian, ada beberapa spesies ikan dapat bertahan dengan baik pada suhu yang lebih rendah, maksimal di angka 22 derajat celcius.

Baca juga: Menurut Fengsui, Ini Lokasi Terbaik untuk Menempatkan Akuarium

Agar akuarium ikan di rumah Anda berada dalam keadaan sehat, hindari menempatkannya langsung di bawah AC.

Secara umum, kehadiran AC tidak mengganggu kondisi ikan di dalam akuarium. Namun, perlu diingat bahwa fluktuasi suhu di dalam akuarium dapat menyebabkan masalah serius bagi ikan.

Karena itu, agar akuarium tersebut bisa berumur panjang pastikan suhu AC di ruangan yang memiliki akuarium ikan tetap stabil. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com