Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/08/2023, 16:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan, proyek infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) yang digarap oleh kontraktor pelat merah tetap berjalan sesuai jadwal.

Dirinya mengaku sudah melakukan rapat dengan Wakil Menteri (Wamen) BUMN, kontraktor BUMN Karya dan Himbara untuk membahas hal ini.

"Yang IKN intinya saya sudah rapat dengan tentu (kontraktor) Karya (BUMN Karya) tadi pagi, dengan Pak Wamen Pak Rosan dan Pak Wamen Pak Tiko, untuk Karya dan Himbara segera mendorong pembangunan sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh pemerintah," ujar Erick Thohir saat ditemui usai peresmian Indonesia Arena di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Senin (7/8/2023).

Kementerian BUMN juga akan melakukan persiapan dukungan dari sisi pendanaan bila terjadi masalah.

"Mengenai pendanaan, nanti kita dukung, kita lakukan persiapan," imbuh Erick Thohir.

Dia juga menyebut, isu restrukturisasi perusahaan BUMN merupakan proses biasa dan tidak akan menghambat proyek IKN, terlebih ada jaminan pembayaran kontrak tahun jamak.

Di sisi lain, Kementerian PUPR terus melanjutkan pembangunan infrastruktur di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Baca juga: Indonesia Arena Diresmikan, Jokowi: Yang Mau Konser Silakan Daftar

Salah satunya Penataan Sumbu Kebangsaan Tahap I (Plaza Seremoni) melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Timur, Direktorat Jenderal  (Ditjen) Cipta Karya.

Ketua Bidang Pelaksanaan Penataan Kawasan Satgas Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Didiet Arief mengatakan, hingga akhir Juli 2023 progres pekerjaan Plaza Seremoni sudah 48,38 persen.

"Progres ini lebih cepat dari target rencana yang ditetapkan sebesar 46,8 persen. Untuk itu kami optimistis pekerjaan dapat rampung sesuai kontrak yakni pada Desember 2023," ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Secara filosofis, Sumbu Kebangsaan di KIPP IKN merupakan ruang terbuka yang menjadi simbol hubungan harmonis antar alam, manusia dan nilai luhur kebudayaan.

Sumbu Kebangsaan ini secara imajiner akan menghubungkan Istana Presiden hingga Mangrove Ecopark melalui serial ruang terbuka.

Mulai dari Plaza Seremoni, Plaza Sipil atau Bukit Bendera, Plaza Bhinneka, Science and Tech Park, Plaza Adi Budaya, Plaza Pertunjukan hingga Plaza Demokrasi.

Pekerjaan Plaza Seremoni dilakukan secara bertahap dengan mekanisme Design and Build sejak Desember 2022.

Konstruksinya dilaksanakan PT Brantas Abipraya (Persero), dengan Konsultan Manajemen Konstruksinya oleh PT Virama Karya (Persero) KSO PT Laras Sembada, dengan nilai kontrak sebesar Rp 365,8 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com