Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gratis Lewat Tol Bocimi Ruas Cigombong-Cibadak hingga 20 Agustus

Kompas.com - 05/08/2023, 05:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 Cigombong-Cibadak telah resmi beroperasi usai diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (04/08/2023).

Pengoperasian ruas tol sepanjang 11,9 km ini menambah panjang Jalan Tol Bocimi yang sudah beroperasi, yakni Seksi 1 Ciawi-Cigombong 15,35 km sejak Desember 2018 lalu.

Kendati demikian, masyarakat yang melintasi ruas Cigombong-Cibadak masih belum dikenakan tarif alias gratis.

"Setelah diresmikan, ruas Cigombong-Cibadak akan dioperasikan tanpa tarif hingga 20 Agustus 2023," ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftachul Munir dalam keterangan resmi.

Baca juga: Basuki Pastikan Konstruksi Tol Cibadak-Sukabumi Barat Beres Akhir 2024

Setelah Seksi 2 dioperasikan, bakal dilanjutkan Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km.

"Hal ini dapat mejadi solusi kemacetan dari arah atau ke arah Sukabumi bahkan hingga Pelabuhan Ratu di Pantai Selatan Jawa," tukasnya.

Sebagai informasi, Jalan Tol Bocimi memiliki panjang keseluruhan 54 km dan terdiri dari 4 seksi. Seksi 1 dan Seksi 2 telah dioperasikan.

Sedangkan Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km dan Seksi 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km masih dalam tahap pembebasan lahan.

Untuk Seksi 3 progres pembebasan lahannya 86%, sementara Seksi 4 progres pembebasan lahannya 9,9%.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com