Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semester I, Hutama Karya Cetak Laba Bersih Rp 33,7 Miliar

Kompas.com - 03/08/2023, 06:38 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) meraup laba bersih sebesar Rp 33,73 miliar selama Semester I tahun 2023.

Angka ini disebut lebih baik jika dibandingkan periode Juni 2022 yang masih membukukan rugi Rp 660 miliar.

Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Hutama Karya Eka Setya Adrianto mengatakan, berdasarkan laporan keuangan unaudited, selain mencetak laba bersih pada Semester I-2023, Hutama Karya juga mencatatkan pertumbuhan pada pendapatan, EBITDA, hingga aset.

Pendapatan perusahaan dibukukan senilai Rp 12,48 triliun atau meningkat 54 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Sedangkan total aset perusahaan mengalami kenaikan sebesar 14,6 persen menjadi Rp 146,58 triliun secara year-on-year (tahunan).

Baca juga: Hutama Karya Bangun RS Ibu dan Anak di Yogyakarta, Ini Progresnya

Eka mengungkapkan, perseroan juga membukukan realisasi pada EBITDA sebesar Rp 1,97 triliun atau mengalami kenaikan 38 persen dari target Semester I-2023 sebesar Rp 1,42 triliun.

Pencapaian ini sejalan dengan perbaikan kondisi ekonomi, khususnya yang berkontribusi pada pertumbuhan trafik di ruas-ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

"Salah satu penyumbang pendapatan terbesar adalah sektor jasa konstruksi jalan tol, yang berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp 8,16 triliun," tuturnya dalam keterangan tertulis, Rabu (2/8/2023).

Hal ini menunjukkan kinerja yang positif bagi Hutama Karya dalam menghadapi tantangan ekonomi dan meningkatkan kinerja perusahaan di tengah perbaikan kondisi ekonomi yang mendukung pertumbuhan sektor infrastruktur, terutama di JTTS.

Menurutnya, kebersihan Hutama Karya dalam meningkatkan ekuitas dan mengurangi liabilitas menandakan kinerja yang positif dan keberlanjutan perusahaan dalam mengelola keuangan dengan baik. 

Ini mencerminkan upaya perusahaan dalam mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan serta kemampuannya dalam menghadapi tantangan ekonomi dan industri.

Pencapaian ini juga tak lepas dari transformasi dan perbaikan keuangan yang dilakukan oleh perusahaan, salah satunya melalui penyelesaian kerja sama investasi dengan Indonesia Investment Authority (INA) untuk pengelolaan dua ruas JTTS yaitu Tol Medan-Binjai maupun Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com