Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenkumham dan Kemen PUPR Resmikan Rusun Politeknik di Tangerang

Kompas.com - 31/07/2023, 19:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan (Ditjen) bersama Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) berkolaborasi membangun rumah susun (rusun) untuk para mahasiswa di Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi Kemenkumhan, Kota Tangerang, Provinsi Banten.

Rusun tersebut dibangun setinggi tiga lantai terdiri dari 43 unit kamar, berkapasitas 168 orang, dilengkapi dengan meubelair, termasuk Prasarana, Sarana dan Utilitasnya (PSU).

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto pun telah meresmikan Rusun Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi Kemenkumhan tersebut, Sabtu (29/7/2023).

"Pembangunan Rumah Susun Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi Kemenkumhan merupakan salah satu wujud dukungan Kementerian PUPR dalam membentuk pusat pendidikan berkarakter," ujar Iwan.

Selain itu, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Ditjen Perumahan serta perwakilan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi Kemenkumham juga melaksanakan penanaman pohon buah dan tanaman hias di bagian halaman sehingga rusun menjadi lebih asri dan indah, serta lebih teduh dan hijau.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa I, Firsta Ismer menerangkan, Rusun Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi Kemenkumhan dibangun Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Banten BP2P Jawa I secara multi-years contract (MYC) Tahun 2022-2023 senilai Rp 13,1 miliar.

Baca juga: Rusun Ini Dilengkapi Meubelair, ASN Tak Perlu Bawa Alat Rumah Tangga

Lokasi pembangunannya berada di Kampus Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi Kemenkumham di Jalan Satria Sudirman, Tanah Tinggi, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Provinsi Banten.

Kontraktor pelaksana pembangunan rusun adalah PT Mekar Mulia Contractor dan Manajemen Konstruksi CV Mahoni.

Rusun ini memiliki luas bangunan 2.042 meter persegi dan dibangun setinggi tiga lantai. Tipe hunian adalah tipe 24 terdiri dari 43 unit kamar yakni 41 unit reguler dan 2 unit untuk penyandang disabilitas.

Fasilitas meubelair di dalam rusun antara lain lemari 86 unit, kasur susun 82 unit, kasur single 4 unit, meja belajar dan kursi masing-masing 168 unit. 

Adapun kelengkapan lainnya yang ada dibangun rusun terdiri dari beberapa ruang seperti ruang difabel, kontrol CCTV, landscaping, pengelola dan serbaguna, taman dan gazebo yang bermanfaat bagi para mahasiswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com