Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Punya Rumah Pertama ala Raditya Dika

Kompas.com - 23/07/2023, 17:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mampu memiliki rumah pribadi adalah impian banyak generasi muda.

Namun, harga tanah dan bangunan yang kian melambung tiap tahunnya menjadi hambatan tersendiri.

Terkait hal ini, stand-up comedian Indonesia, Raditya Dika membagikan tips kepemilikan rumah pertama untuk generasi muda, dalam acara Pesta KPR 2023 Summarecon Mall Serpong, Minggu (23/7/2023).

Berdasarkan pengalamannya yang sudah memiliki rumah pertama pada usia 28 tahun, langkah pertama adalah dengan membuat rencana dan tujuan keuangan memiliki rumah.

Menurutnya, dengan memiliki tujuan keuangan memiliki rumah, setiap orang pasti akan berusaha menyisihkan sekian pendapatannya untuk target ini.

"Karena yang paling penting adalah gimana memanfaatkan rezeki yang kita terima. Bisa disimpan untuk tujuan keuangan yang penting," ucap Raditya Dika.

Rencana memiliki rumah pertama juga bisa menjadi salah satu penyemangat dalam bekerja agar bisa segera mencapai impian.

Sementara apabila menyisihkan uang untuk membeli rumah terasa sulit dilakukan, langkah kedua yang bisa diterapkan adalah dengan mencatat pengeluaran setiap bulan.

Baca juga: Pemerintah Tindak Lanjuti Curhat Pengembang Rumah Subsidi Dekat IKN

Dengan mencatat pengeluaran, kita bisa mengetahui kebiasaan konsumtif apa yang bisa diubah.

"Privilege orang kan beda-beda, garis start orang beda, tapi caranya itu sama, bisa mulai dengan yang paling sederhana, yaitu nyatet pengeluaran," imbuh Raditya Dika.

Pada kesempatan yang sama, Executive Director Summarecon Serpong, Magdalena Juliati mengatakan, properti adalah salah satu investasi yang akan terus berkembang dan diminati, namun masyarakat harus semakin bijak dalam memilih properti.

Sebagai upaya untuk memfasilitasi konsumen, Summarecon Serpong kembali menggelar Pesta KPR, yang telah digelar secara rutin sejak tahun 2016.

Pesta KPR 2023 digelar pada tanggal 21-30 Juli 2023 di Atrium Circle, Summarecon Mall Serpong.

"Pesta KPR ini kita bikin supaya itu menjadi one stop solution (bagi konsumen)," jelas Magdalena.

Acara ini didukung oleh 11 partner bank, meliputi BCA, Permata, OCBC NISP, UOB, Panin Bank, Bank Mandiri, Bank Danamon, CIMB Niaga, Bank BNI, CCB Indonesia, dan Maybank.

Konsumen akan mendapatkan penawaran promo Bunga KPR 3 persen fixed sampai 2 tahun, instant approve, hingga promo down payment (DP).

Target penjualan Pesta KPR 2023 sekitar Rp 100 miliar dengan capaian per 23 Juli 2023 sudah lebih dari dari 20 persen dari target.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com