Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sederet Proyek KPBU Masuk Tahap Transaksi, Salah Satunya Jembatan Babin

Kompas.com - 11/07/2023, 18:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sederet proyek infrastruktur dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) tercatat sudah masuk tahap transaksi per Semester I-2023.

Hal itu dipaparkan Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan, Kementerian PUPR, Herry Trisaputra Zuna, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi V DPR RI, Senin (10/7/2023).

"Untuk progres proyek KPBU Semester I tahun 2023 yang sedang tahap transaksi, terdapat lima proyek untuk sektor SDA," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Kelima proyek KPBU sektor SDA tersebut ialah Bendungan Merangin, PLTA Leuwikeris, PLTA 40 MW pada Bendungan Tiga Dihaji, Revitalisasi dan Modernisasi Irigasi Sistem Interkoneksi HLD WS Lombok, serta Optimalisasi dan Revitalisasi Daerah Irigasi Komering berdasarkan Prinsip Syariah.

Lalu sektor jalan dan jembatan, Herry mengatakan terdapat dua proyek dalam tahap transaksi, yakni Jembatan Batam-Bintan (Babin), dan Jalan Trans Papua Ruas Jayapura-Wamena Segmen Mamberamo-Elelim.

Baca juga: MRT Jakarta Fase 4 Fatmawati-Kampung Rambutan Bakal Jadi Proyek KPBU

Kemudian pada sektor permukiman juga terdapat dua proyek dalam tahap transaksi, yaitu SPAM Regional Ir. H. Djuanda/Jatiluhur II dan SPAM Regional Sinumbra.

"Kemudian ada enam proyek di sektor perumahan dalam tahap transaksi yaitu Rusun Cisaranten Bina Harapan Kota Bandung, Rusun Sewa Karawang Spuur, Rusun Terintegrasi KEK Sei Mangkei, Rusun IKN Hankam WP 1A dan Rusun ASN 1B, dan Rusun IKN North Government WP 1A," beber Herry.

Selain tahap transaksi, terdapat beberapa proyek KPBU yang sedang dalam tahap penyiapan.

Untuk sektor SDA terdapat lima proyek dalam tahap penyiapan, yaitu PLTM Temef, PLTM Jenelata, PLTM Karalloe, Bendungan Bodri, serta Bendungan dan PLTA di Papua.

Kemudian sektor jalan dan jembatan ada empat proyek dalam penyiapan, meliputi Jalan Tol Tuban-Babat-Lamongan-Gresik, Jalan Tol Cilacap-Yogyakarta, Jalan Tol Demak-Tuban, dan Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR).

Baca juga: Batam Bakal Bangun LRT, Lelang Proyek Ditargetkan Akhir 2023

Untuk sektor perumahan terdapat satu proyek skema KPBU yang dalam tahap penyiapan yaitu Rusun Kota Surabaya-Tambak Wedi.

Lalu sektor permukiman, terdapat tujuh proyek yang sedang disiapkan yaitu SPAB Kuwil Terintegrasi dengan SPAM Regional Bimatara, SPAB Sidan Terintegrasi dengan SPAM Regional Ayung I, SPAM Bitung, SPAM Regional Sidangheula, SPAM Regional Ir. H. Djuanda/Jatiluhur II, SPAM Regional Karian Barat, dan KPBU Stadion Utama Sumatera Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com