Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sisi Lain Polemik JIS, Jejaknya Hilang dari Situs Buro Happold

Kompas.com - 08/07/2023, 13:35 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta International Stadium (JIS) terus menjadi perbincangan hangat, mulai dari awal pembangunannya hingga dikabarkan akan direnovasi.

Nama JIS kembali mencuat setelah pengguna media sosial Twitter @RidhaIntifadha mendapati JIS hilang dari daftar portofolio Buro Happold.

"Informasi tentang JIS beneran hilang dari website Buro Happold ya? Gokil. Wakakaka," tulis @RidhaIntifadha dalam cuitannya.

Buro Happold adalah konsultan desain dan arsitek dari Inggris yang berpengalaman merancang stadion sepak bola kelas dunia. Perusahaan ini juga memiliki pengalaman dalam merancang Stadion Piala Dunia Qatar 2022.

Terkait JIS, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengajak Buro Happold bekerja sama untuk membangun stadion yang sempat disebut berstandar FIFA tersebut.

Sementara tertulis dalam laman resmi Buro Happold "The page you require is currently not available, please contact one of our specialists on this page for more information," soal tautan JIS.

Sedangkan jejak profil JIS sebagai portofolio Buro Happold masih terekam dan tercantum dalam laman https://web.archive.org/ hingga artikel ini dimuat.

Sebagai informasi, Pemerintah merencanakan renovasi JIS untuk menyambut ajang Piala Dunia U-17 pada akhir tahun 2023. Pasalnya, label stadion berstandar FIFA yang disematkan di JIS kembali dipertanyakan.

Padahal, pemegang lisensi Safety and Security FIFA, Nugroho Setiawan menyampaikan, JIS dirancang sesuai pedoman FIFA Stadium Technical Recommendation.

Baca juga: Basuki Bakal Kebut Ganti Rumput JIS Selama Tiga Bulan

"Memang JIS dirancang dengan pedoman FIFA Stadium Technical Recommendation, tetapi belum diverifikasi oleh Tim Kompetisi FIFA," ujarnya dikutip dari pemberitaan Kompas.com.

Dia menjelaskan, sebuah stadion dapat dikatakan sesuai standar FIFA apabila sudah diverifikasi oleh induk sepak bola dunia tersebut.

"Sebuah stadion baru bisa disebut sesuai standar FIFA apabila sudah diverifikasi tim FIFA sesuai checklist event-nya, FIFA akan datang untuk itu. Tiap event pasti beda checklist dan prioritasnya. Beda lagi nanti kalau untuk Piala Dunia senior," bebernya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com