Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusun ASN Kejati Sumsel Bisa Tampung 248 Orang, Ini Kelengkapannya

Kompas.com - 07/07/2023, 18:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR telah merampungkan pembangunan Rumah Susun (Rusun) ASN Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Selatan (Sumsel) di Kecamatan Ilir Timur I, Kota Palembang.

Rusun yang memiliki satu tower setinggi lima lantai itu mulai dibangun pada 16 September 2021 lalu dan selesai pada 26 September 2022 lalu.

Lokasinya berada di sebelah Kantor Gubernur Sumsel, dan berdiri di atas lahan seluas 4.212 meter persegi yang merupakan bekas bangunan Kantor Kejati yang lama.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto menyampaikan, pembangunan rusun ini bertujuan memenuhi kebutuhan hunian layak bagi para pegawai yang bertugas di Kejati Sumsel, baik yang berasal dari dalam maupun luar daerah.

"Kami harap dengan menghuni rumah yang layak dapat meningkatkan produktivitas para pegawai Kejaksaan Tinggi dalam bekerja," ujarnya dalam keterangan resmi dikutip dari laman Ditjen Perumahan, Jumat (7/7/2023).

Baca juga: Tiga Tahun, 11.719 Rusun Telah Dibangun Pemerintah

Jumlah hunian di Rusun ASN Kejati Sumsel sebanyak 62 unit dengan tipe 36 dan dapat menampung hingga 248 orang.

Setiap unit hunian dilengkapi dengan furnitur berupa tempat tidur utama, tempat tidur single, tempat tidur susun, lemari, meja makan, kursi makan, sofa dan meja sofa.

Selain itu ada fasilitas penunjang lainnya seperti, ruang serbaguna, musala, lift, area parkir, ruang bersama, instalasi listrik, sarana air bersih, serta prasarana, sarana dan utilitas (PSU).

"Rusun ini juga dilengkapi meubelair dengan jumlah tempat tidur utama sebanyak 62 unit, tempat tidur singgle 2 unit, tempat tidur susun 60 unit, lemari dua pintu 62 unit, lemari satu pintu 62 unit, meja makan 62 unit, kursi makan 248 unit, sofa 2 seater 62 unit dan meja tamu 62 unit," tukas Iwan.

Baca juga: Rusun Sederhana Jakarta Nyaman, Penghuni Enggan Pindah

Salah seorang pegawai Kejati Sumsel, yakni Annisa yang berasal dari Ogan Komering Ilir mengatakan telah tinggal di rusun sejak Februari 2023 lalu.

Dirinya tinggal sendiri dan sangat bersyukur bisa berada di rusun ini karena lokasinya sangat strategis dan memiliki fasilitas yang lengkap.

"Selama tinggal di sini saya merasa nyaman apalagi saya berasal dari luar kota sehingga sangat saya mudah dalam mobilitas pekerjaan sehari-hari. Selain itu fasilitas yang lengkap membuat saya tidak perlu membawa banyak barang-barang sehingga bisa fokus bekerja dan tidak bingung lagi mencari tempat tinggal ketika ditugaskan ke sini," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com