Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hari Libur Idul Adha, Lalin Tol Trans-Sumatera Tembus 328.282 Kendaraan

Kompas.com - 05/07/2023, 17:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) mencatat, 328.282 kendaraan melintasi Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) selama libur Hari Raya Idul Adha 2023 atau periode Rabu (28/6/2023) hingga Minggu (23/7/2023).

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, jumlah ini meningkat 20 persen dibandingkan dengan kondisi normal atau hanya dilintasi 273.305 kendaraan.

"Ini merupakan akumulasi dari Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Tol Palembang-Indralaya, Tol Bengkulu-Taba Penanjung, Tol Pekanbaru-Dumai, Tol Pekanbaru-Bangkinang, Tol Binjai-Langsa, dan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 2-6," terang Tjahjo dalam rilis, Rabu (5/7/2023).

Baca juga: Hutama Karya Beres Percantik Tol JORR S dan ATP

Tjahjo melanjutkan, selama berlangsungnya libur bersama tersebut, kondisi lalu lintas lancar dan terkendali, serta tidak ditemukan gangguan lalu lintas yang berarti.

Untuk mengantisipasi kepadatan, perusahaan menambah personel mobile reader dan top-up
asongan untuk memperlancar arus lalu lintas.

Selain itu, menambahkan marka kejut, lampu flashing, melakukan operasi microsleep pada jam rawan kecelakaan, juga imbauan keselamatan dan informasi lokasi rest area terdekat untuk mengantisipasi kecelakaan dan fatalitas.

Untuk kondisi terkini jalan tol, Hutama karya mengimbau kepada seluruh pengguna jalan selalu mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol.

Tak hanya itu, perusahaan mengimbau pengguna memastikan kecukupan saldo Uang Elektronik (UE) sebelum memasuki gerbang tol (GT).

"Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo kartu UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya, dimana terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan Top-Up Saldo UE," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com