Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Idul Adha, Tarif Tol Krian-Gresik Diskon Hingga 35 Persen

Kompas.com - 21/06/2023, 18:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -PT Waskita Toll Road (WTR ) melalui Anak Usahanya, PT Waskita Bumi Wira (WBW) secara resmi memberlakukan diskon tarif pada Jalan Tol Krian–Gresik.

Diskon tarif tersebut berkisar mulai 11 hingga 35 persen dari tarif normal, dan berlaku mulai Kamis (22/6/2022) mulai pukul 06.00 WIB.

Adapun tarif diskon tersebut berlaku untuk semua golongan kendaraan dan khusus di Ruas Tol Krian–Gresik.

Dengan adanya diskon tarif tersebut, maka pengguna jalan dengan kendaraan Golongan 1 (Gol.1) akan dikenakan tarif Rp1.300/km, dimana tarif normal adalah Rp 1.506/km.

Sedangkan para pengguna jalan dengan kendaraan golongan II, III, IV dan V akan dikenakan tarif diskon Rp1.500/km.

Baca juga: WIKA Berencana Jual 3 Ruas Jalan Tol, Ini Profilnya

Seperti diketahui, tarif normal golongan kendaraan II dan III sebelumnya Rp2.259/km sedangkan tarif normal golongan kendaraan IV dan V adalah Rp3.012/km.

Untuk diskon tarif tol jarak terjauh dari Gerbang Bunder ke Gerbang Lebani golongan I yang semula bertarif Rp 43.500 didiskon menjadi Rp 37.500.

Sementara kendaraan golongan II dan III yang semula bertarif Rp 65.500 didiskon menjadi Rp 56.500. Untuk kendaraan golongan IV dan V yang semula bertarif Rp 87.500, akan dikenakan tarif sebesar Rp 56.500.

 

Diskon tarif tersebut dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan kepada para pengguna jalan serta sebagai bentuk kontribusi Waskita Bumi Wira dalam memaksimalkan distribusi lalu lintas dalam menyambut libur Hari Raya Idul Adha dan libur sekolah.

Pemberlakukan diskon tarif tersebut juga diharapkan dapat berdampak positif terhadap WBW, khususnya dalam rangka peningkatan volume lalu lintas Tol Krian–Gresik secara keseluruhan.

Adapun pada Junction Wringinanom yang sudah beroperasi sejak 22 Februari 2023 tetap dikenakan tarif normal.

Baca juga: Penerapan Sistem MLFF Mundur, Apa Dampaknya Terhadap Investasi Jalan Tol?

Besaran tarif dari Junction Wringinanom menuju Lebani Gresik dan sebaliknya sebesar Rp 5.500 (Gol.I), Rp 8.500  (Gol. II dan III), dan Rp 11.500 (Gol. IV dan V).

Sedangkan dari Junction Wringinanom menuju Belahanrejo dan sebaliknya sebesar Rp 10.500 (Gol. I), Rp15.500 (Gol. II dan III), dan Rp21.000 (Gol. IV dan V).

Dari Junction Wringinanom menuju Cerme dan sebaliknya sebesar Rp 32.000 (Gol. I), Rp48.000 (Gol. II dan III), dan Rp64.000 (Gol. IV dan V).

Untuk arah Junction Wringinanom menuju Bunder dan sebaliknya sebesar Rp42.000 (Gol. I), Rp 63.000, (Gol. II dan III), dan Rp 84.000 (Gol. IV dan V).

Direktur Pengendalian & K3LMP PT Waskita Bumi Wira, Mokh. Sadali menyampaikan kehadiran Tol Krian–Gresik saat ini mempermudah akses pengguna jalan khususnya masyarakat Gresik yang akan berpergian ke wilayah lainnya di Jawa Timur.

“Adanya Tol Krian–Legundi–Bunder bisa mempermudah akses dari Krian ke Bunder di Gresik. Terlebih dengan kehadiran Junction Wringinanom, maka akses masuk dan keluar Jalan Tol Krian– Gresik semakin mudah,” jelas Sadali.

Sebagai informasi, untuk Ruas Tol Krian–Gresik terdiri dari 3 seksi yaitu Krian–Kedamean, Kedamean–Boboh dan Boboh–Bunder, dengan total Panjang 29,00 km, telah beroperasi secara penuh.

Saat ini, Tol Krian–Gresik menjadi akses pendukung peningkatan perekonomian bagi kelancaran logistik, barang dan jasa di wilayah Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik, serta kawasan industri Krian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com