Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmikan Menara Danareksa, Erick Thohir Puji PP

Kompas.com - 27/05/2023, 07:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMNN) Erick Thohir meresmikan penggunaan Menara Danareksa yang dibangun, dikembangkan, dan dikelola oleh PT PP (Persero) Tbk.

Pembangunan Menara Danareksa yang telah dimulai sejak tahun 2021 tersebut berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 14, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Menara Danareksa diresmikan langsung oleh Erick secara simbolis melalui prosesi pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti, Jumat (26/5/2023).

“PT PP merupakan salah satu BUMN Karya yang memiliki salah satu kekuatan, yaitu expertise dalam pembangunan gedung-gedung sejenis. Contohnya beberapa kali saya menugaskan PP untuk membangun gedung hasilnya seperti ini “bagus”," kata Erick dikutip dari Antaranews, Jumat (26/5/2023).

Menurut Erick, jajaran direksi PP memiliki komitmen yang luar biasa yang selalu dia ingatkan bahwa penugasan itu harus melalui bisnis proses.

Contohnya, gedung ini sejak awal sudah diwanti-wanti harus feasible karena memang memiliki cita-cita yang besar bahwa ketika ibu kota negara pindah, itu akan berdiri tentu aset-aset BUMN juga harus tetap kita tingkatkan nilainya.

Baca juga: Erick Thohir Siapkan Menara Kembar, Jakarta Bakal Mirip New York

Dia menambahkan seiring dengan rencana pemindahan ibu kota negara ke Nusantara, Jakarta terus berbenah mempersiapkan diri.

Erick mengatakan, konsolidasi antar BUMN harus terus ditingkatkan sebagaimana yang tengah dijalankan oleh PP dan Danareksa saat ini.

Menara Danareksa dikerjakan dengan rapih dan dengan kualitas yang bagus, selain itu kawasan ini juga merupakan aset yang bagus.

Menara Danareksa ini merupakan kerja sama antara PP sebagai investor, operator sekaligus kontraktor dengan Danareksa sebagai landlord.

Ini adalah kerja sama kegiatan bidang usaha komersial Rental Office & Retail dengan Skema KSU (Kerja Sama Usaha)-BOT (Build Operate Transfer) selama masa konsesi 30 tahun (2022-2052).

Total nilai Investasi adalah sebesar Rp 824 miliar dengan pembagian keuntungan PP 95 persen dan Danareksa 5 persen.

Adapun Menara Danareksa dirancang 22 lantai yang terdiri dari 21 lantai menara dan 1 lantai basement yang didirikan di atas lahan seluas 9.300 meter persegi dengan Gross Building Area sebesar 55.397 meter persegi dan Semi Gross Area sebesar 36.223 meter per segi.

Baca juga: Mengapa Pencakar Langit di Hong Kong Tengahnya Bolong? Ini Jawabannya

Dari total 22 lantai, sebanyak 17 lantai diperuntukkan bagi ruang perkantoran dan area ritel.

Ini terdapat di lantai Ground dan Upper Ground serta podium parkir yang terdiri dari 8 lantai dengan kapasitas maksimal 400 kendaraan.

Selain itu, Menara Danareksa dilengkapi dengan ruang pertemuan yang luas, modern, dan fasilitas yang komprehensif. Gedung ini juga dilengkapi Aryanusa Ballroom berkapasitas hingga 1.000 orang.

Terdapat tujuh ruang rapat (Anantara, Port, Bridge, Energy & urban Meeting Room) dengan kapasitas mulai dari 15-150 orang.

Menara Danareksa telah beroperasi secara bertahap sejak bulan Oktober 2022 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com