Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Pencakar Langit di Hong Kong Tengahnya Bolong? Ini Jawabannya

Kompas.com - 02/02/2023, 20:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika pernah jalan-jalan ke Hong Kong, Anda mungkin akan menemukan sejumlah gedung pencakar langit memiliki lubang atau bolong di tengahnya.

Ternyata, gedung pencakar langit yang didesain seperti itu ada alasannya karena berkaitan dengan fengsui.

Ini merupakan ilmu warisan masyarakat Tionghoa yang mengatur aliran qi, dan efeknya dalam mendatangkan energi positif untuk menghindari energi negatif.

Secara harfiah, fengsui berarti angin dan air yang merupakan praktik China Kuno untuk bangunan dan benda agar selaras dengan alam. Sehingga, menarik keberuntungan dan menangkal kemalangan.

Berbicara soal lubang di tengah gedung, hal ini diibaratkan sebagai "gerbang naga" dalam fengsui.

Lubang ini memungkinkan naga terbang dari gunung ke laut setiap harinya. Sehingga, energi positif dapat mengalir melalui bangunan yang dilalui.

Memang, legenda mengatakan bahwa naga adalah lambang kebijaksanaan, keberanian, dan kemakmuran dalam budaya China yang hidup di pegunungan.

Baca juga: Kenapa Tak Ada Lantai 13 di Hotel dan Pencakar Langit?

Selain fitur berlubang yang harus dimiliki seperti pintu, jendela, dan atap, Anda tidak bisa melupakan lubang di tengah bangunan di Hong Kong karena akan dilewati oleh naga.

Sebagian besar bangunan yang terletak di dekat air menampilkan lubang "gerbang naga" tersebut.

Hal Ini memungkinkan naga memiliki jalur yang tidak terhalang ke air agar tidak menghalangi aliran energi baik.

Beberapa bangunan terkenal di Hong Kong yang menampilkan gerbang naga atau lubang ini contohnya Apartemen The Repulse Bay dan Bel-Air Residence di area Cyberport.

Dilansir dari The Culture Trip, gerbang naga adalah tanda yang jelas tentang seberapa banyak fengsui masih berperan dalam membentuk kota.

Sampai hari ini, masyarakat Hong Kong yang percaya akan hal tersebut dengan mempekerjakan ahli fengsui saat membangun bangunan gedung mereka sebagai bagian dari perencanaan.

Mereka pun rela merogoh kocek dengan biaya besar untuk bekerja sama dengan arsitek guna memastikan bangunan mereka memiliki aliran qi terbaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com