Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konstruksi Berlanjut, Pencakar Langit Indonesia 1 Milik Surya Paloh Tuntas 2024

Kompas.com - 29/10/2022, 19:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek menara kembar Indonesia 1, di Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, terus berlanjut. Saat ini progres konstruksi fisik telah memasuki tahap persiapan pekerjaan awal atas kelanjutan proyek.

Corporate Secretary PT Acset Indonusa Tbk Maria Cecilia Hapsari mengungkapkan hal itu kepada Kompas.com, Kamis (27/10/2022). 

"Dengan berlanjutnya proyek ini, penyelesaian konstruksi ditargetkan pada tahun 2024 mendatang," ujar Maria.

Namun demikian, Maria mengungkapkan, PT Media Property Indonesia (MPI) sebagai entitas usaha Media Group yang dimiliki politisi Partai NasDem Surya Paloh, belum sepenuhnya membayar kewajiban utang kepada Acset selaku pelaksana konstruksi.

Baca juga: Resmi Caplok Saham China Sonangol, Media Group Pemilik Sepenuhnya Pencakar Langit Indonesia 1

"Piutang belum sepenuhnya terbayarkan. Besarannya berdasarkan perjanjian penyelesaian hutang antara Acset  dengan MPI," imbuh Maria.

Untuk diketahui, MPI merupakan pemilik baru dari Indonesia 1 usai mengakuisisi 100 persen kepemilikan China Sonangol Media Investment (CSMI).

CSMI adalah perusahaan patungan pembangun Indonesia 1 yang dibentuk oleh MPI dan China Sonangol Real Estate Pte Ltd.

Sebelum dicaplok MPI pada Desember 2021, terjadi kekisruhan di internal CSMI. Bahkan, MPI melaporkan CSMI ke Polda Metro Jaya, Kamis (15/7/2021), atas kasus dugaan penipuan dan penggelapan investasi proyek Indonesia 1.

Proyek Indonesia 1, Jl MH Thamrin, Jakarta PusatKOMPAS.com/Hilda B Alexander Proyek Indonesia 1, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat
Dalam laporannya, MPI menilai CSMI telah melanggar perjanjian karena tidak membayarkan komitmen pembagian saham yang telah disepakati sebesar 30 persen kepada MPI.

Selain itu, CSRE yang saat itu menjadi pemegang saham mayoritas proyek tersebut juga diduga melakukan pengalihan saham CSMI kepada pihak lain. 

Akibat kisruh ini, proyek Indonesia 1 sempat terhenti selama beberapa bulan.

Tersambung Plaza Indonesia

Rencananya, Indonesia 1 akan terkoneksi langsung dengan mega proyek lainnya di lokasi yang sama, yakni Plaza Indonesia.

Hal ini menyusul penandatanganan MoU “The Cooperation for Future Connecting Property Areas” antara MPI melalui PT Surya Indonesia Satu Properti (SISP), Hankyu Hanshin Properties Corp (HHP), dan PT Plaza Nusantara Realti (PNR), Senin (28/3/2022).

MoU ini ditandatangani oleh CEO Media Group Mohammad Mirdal Akib, Presiden Direktur HHP Morotomi Ryuichi, CEO & Presiden Direktur PNR Mia B Egron, disaksikan oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji dan Presiden Direktur PT Plaza Indonesia Realty Tbk Rosano Barack.

Letak gedung Indonesia 1 berdekatan dengan kompleks Plaza Indonesia milik PT Plaza Indonesia Realty Tbk (PIR) yang dioperasikan oleh PNR.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com