Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Lingkungan di Tujuh Perumahan Subsidi Kalbar Akan Dibangun, Ini Daftarnya

Kompas.com - 17/05/2023, 13:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR akan melaksanakan pembangunan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) pada tujuh perumahan bersubsidi di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Bantuan PSU berupa jalan lingkungan dengan total panjang 2.410 meter yang akan disalurkan pada tahap pertama ini menyasar sebanyak 535 rumah bersubsidi di lima kabupaten/kota.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto diwakili Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK), Fitrah Nur menyampaikan, bantuan PSU adalah upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas rumah bersubsidi untuk masyarakat.

"Selain itu, kualitas PSU yang dibangun juga harus baik dan berkualitas," ujarnya dalam keterangan resmi dikutip dari laman Ditjen Perumahan, Rabu (17/05/2023).

Baca juga: Rumah Subsidi di Tiga Provinsi Ini Paling Banyak Dapat Bantuan PSU

Pihaknya pun akan meminta dalam proses pelaksanaan pembangunan PSU di lapangan untuk menerapkan prinsip 7 T yakni Tepat Waktu, Tepat Mutu, Tepat Biaya, Tepat Administrasi, Tepat Manfaat, Tanpa Temuan dan Tanpa Pengaduan.

Dirinya juga mengingatkan Kepala Satker Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Barat dan Pejabat pembuat Komitmen (PPK) Rumah Swadaya dan RUK untuk mengawasi pekerjaan dan menjaga komitmen konsistensi bersama agar pekerjaan fisik di lapangan dapat berjalan dengan baik dan berkualitas.

"Laksanakan pembangunan PSU dengan baik dan cepat serta berkualitas supaya masyarakat Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) bisa lebih terbantu dalam mendapatkan hunian yang layak dan nyaman," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Kalimantan I, Ir. Andy Suganda didampingi Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Barat, Irsan Basalamah menerangkan, pihaknya telah menyelenggarakan Penandatanganan Kontrak Pekerjaan Bantuan PSU Perumahan MBR Provinsi Kalimantan Barat Tahun Anggaran 2023.

Berdasarkan data Balai P2P Kalimantan I, pembangunan PSU akan dilaksanakan di sejumlah kabupaten/kota di antaranya meliputi:

  • Kabupaten Kubu Raya di Perumahan Gran Deli Angkasa sebanyak 50 unit;
  • Kabupaten Kubu Raya di Perumahan Kemyla 5 sebanyak 56 unit;
  • Kabupaten Kubu Raya di Perumahan Citra Raya 60 unit;
  • Kabupaten Ketapang di Perumahan Green Aulia 152 unit;
  • Kota Singkawang di Singkawang Residence 58 unit;
  • Kabupaten Sintang di Perumahan Bumi Senentang Bhayangkara Residence 89 unit;
  • Kabupaten Sambas di Perumahan Kartiasa Indah 70 unit.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com