Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Perumahan Subsidi di Kalsel Dapat Bantuan PSU

Kompas.com - 22/02/2023, 20:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Kalimantan II akan melaksanakan pembangunan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) untuk 15 perumahan subsidi di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Dilansir dari rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (22/2/2023), jumlah bantuan PSU yang akan disalurkan Kementerian PUPR adalah sebanyak 980 unit pada tahap pertama yang tersebar di 7 kabupaten atau kota di Kalsel.

"Bantuan PSU adalah upaya Pemerintah meningkatkan kualitas rumah bersubsidi untuk masyarakat. Selain itu, kualitas PSU yang dibangun juga harus baik dan berkualitas," ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto.

Dirinya juga meminta agar proses pelaksanaan pembangunan PSU di lapangan menerapkan prinsip 7T yakni Tepat Waktu, Tepat Mutu, Tepat Biaya, Tepat Administrasi, Tepat Manfaat, Tanpa Temuan dan Tanpa Pengaduan.

Selanjutnya juga mengingatkan Kepala Satker Penyediaan Perumahan Kalsel dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Rumah Swadaya dan RUK untuk mengawasi pekerjaan dan menjaga konsistensi bersama.

"Laksanakan pembangunan PSU dengan baik dan cepat serta berkualitas supaya masyarakat Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) bisa lebih terbantu dalam mendapatkan hunian yang layak dan nyaman," harapnya.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Kalimantan II Hujurat menerangkan, pihaknya telah menyelenggarakan kegiatan penandatanganan kontrak pekerjaan bantuan PSU perumahan MBR Kalsel tahun anggaran 2023.

Baca juga: Propernas Nusa Dua Lansir Rumah Dosen USU di Kota Mandiri Bekala

Untuk rinciannya, pembangunan PSU akan dilaksanakan di Kabupaten Banjar yakni di Perumahan Shalli Messi Manarap (64 unit), Perumahan Berkat Pesona Sungai Lulut (50 unit), Perumahan Fitria Jaya Residence (71 unit), Perumahan Villa Mahantas (63 unit).

Di Kabupaten Barito Kuala yakni di Perumahan Anisah Regency (50 unit), Perumahan Griya Anisah Permai II (54 unit), Perumahan Griya Azzam (50 unit), Kota Banjarmasin di Perumahan Villa Sunny Residence (59 unit), Perumahan Green Sunny Estate (93 unit), Kabupaten Tanah Laut di Perumahan Berkat Pesona Karang Taruna II (68 unit).

Selanjutnya di Kabupaten Tabalong berada di Perumahan Rizky Tanjung Regency Tahap II (88 unit), Kabupaten Tanah Bumbu di Perumahan Bumi Barokah (117 unit), Perumahan Batulicin Town House (50 unit), Perumahan Buana Mega Residence (50 unit) dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan di Perumahan Pondok Bidadari Asri II (53 unit).

"Pada pelaksanaan kegiatan penandatanganan kontrak ini juga hadir dari pihak calon penyedia jasa pelaksana bantuan PSU perumahan MBR di Kalsel. Kami harap pelaksanaan pembangunan di lapangan bisa berjalan dengan baik dan lancar," ucap Hujurat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com